Doa Mandi Hadas Laki-laki untuk Menyucikan Diri

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
3 September 2021 16:07 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi doa mandi hadas laki-laki. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi doa mandi hadas laki-laki. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bacaan doa mandi hadas laki-laki merupakan hal yang wajib diketahui oleh setiap lelaki muslim. Pasalnya membaca doa atau niat mandi tersebut termasuk rukun mandi hadas yang wajib dipenuhi guna menyucikan diri. Jika lelaki muslim sudah mandi hadas sesuai dengan niatnya, maka ia bisa kembali mengerjakan ibadah sholat secara sah karena telah bersuci.
ADVERTISEMENT
Mandi hadas dalam ajaran islam sebenarnya memiliki sebutan yang beragam, misalnya saja seperti mandi wajib, mandi besar ataupun mandi junub. Adapun yang dimaksud dengan mandi hadas tersebut ialah mandi yang dilakukan dengan niat menyucikan diri guna menghilangkan hadas (najis) dari diri umat muslim baik perempuan ataupun laki-laki.

Bacaan Doa Mandi Hadas Laki-Laki untuk Menghilangkan Hadas

Lelaki muslim dikenakan kewajiban untuk melakukan mandi besar/mandi hadas/mandi junub guna menyucikan diri apabila ia memiliki hadas (najis) pada dirinya. Mengutip dari buku Fiqh Islam, Sulaiman Rasjid (2019: 35), hadas pada lelaki muslim tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti keluarnya air mani secara sengaja ataupun tidak sengaja (mimpi basah) ataupun setelah selesai bersenggama atau berhubungan intim meskipun tidak keluar mani.
Ilustrasi doa mandi hadas laki-laki. Sumber: Unsplash
Perintah untuk melaksanakan mandi hadas bagi umat muslim yang junub (berhadas) sebenarnya sudah ditegaskan oleh Allah SWT lewat beberap firman-Nya dalam alquran. Misalnya saja dalam surat Al Maidah ayat 6, disebutkan bahwa: “Dan jika kamu junub, maka mandilah (mandi junub).” (QS. Al Maidah: 6).
ADVERTISEMENT
Agar mandi hadas atau mandi junub tersebut sah untuk dilakukan guna menyucikan diri umat muslim, maka awalilah mandi tersebut dengan membaca basmalah terlebih dulu kemudian baca doa mandi hadas laki-laki berikut ini:
Selain membaca niat mandi junub atau membaca doa mandi hadas laki-laki tadi, rukun lainnya yang perlu dipenuhi ialah dengan membasuh atau mengalirkan air ke seluruh badan agar seluruh hadasnya hilang. Sedangkan untuk sunnahnya, umat muslim dianjurkan untuk membersihkan badan bagian kanan terlebih dulu, baru membasuh badan bagian kanan.
Dengan membaca niat atau doa mandi hadas laki-laki tadi, semoga ibadah bersucinya dapat diterima oleh Allah SWT dan sah untuk melaksanakan ibadah sholat sebagaimana perintah-Nya. (HAI)
ADVERTISEMENT