Daftar Alat Musik Tradisional Bali yang Perlu Kamu Tahu

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
3 Agustus 2021 18:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Alat musik tradisional Bali. Sumber: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Alat musik tradisional Bali. Sumber: pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Alat musik tradisional Bali adalah salah satu daya tarik yang menjadikan Pulau Bali semakin menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Setiap instrumen dalam alat musik khas Bali selalu menghasilkan suara yang unik dan menarik perhatian siapapun yang mendengarnya.
ADVERTISEMENT
Berbagai alat musik tradisional Bali sudah mulai muncul sejak zaman Bali Kuno di abad ke-8 sampai dengan abad ke-14 Masehi. Adapun persebarannya yang paling umum dimulai dari Denpasar Timur hingga ke Denpasar Selatan.

Daftar Alat Musik Tradisional Bali yang Perlu Kamu Tahu

Alat musik tradisional Bali. Sumber: pixabay.com
Berikut adalah daftar alat musik tradisional Bali yang perlu kamu tahu dikutip dari buku Seni Musik Tradisi Nusantara karya Ketut Wisnawa dan Ida Bagus Arya Lawa Manuaba (2020).
1. Gamelan Bali
Gamelan Bali sama seperti gamelan milik masyarakat Jawa yang terdiri dari sekumpulan instrumen musik yang beragam. Hingga kini terdapat 25 jenis gamelan yang ada di Bali dan terbagi menjadi tiga bagian besar, yaitu gamelan tua, gamelan madya, dan gamelan baru.
ADVERTISEMENT
2. Genggong
Genggong adalah alat musik yang sangat unik karena hanya dapat berbunyi apabila bagian palayah-nya diulum. Jadi, alat musik ini harus menggunakan rongga mulut sebagai resonator untuk membunyikannya.
3. Rindik
Secara umum, rindik mirip dengan gamelan. Hanya saja materialnya menggunakan bamboo dan dimainkan dengan cara dipukul. Rindik sering digunakan untuk mengiringi kesenian Joged Bumbung.
4. Gangsa
Gangsa termasuk ke dalam instrumen gamelan yang bagian bilahnya terbuat dari perunggu. Gangsa banyak digunakan dalam berbagai jenis gamelan Bali, tetapi dengan fungsinya yang berbeda.
5. Suling Gambuh
Suling Gambuh mempunyai bentuk yang besar dan juga panjang serta terdapat enam buah lubang nada. Sama seperti suling pada umumnya, suling gambuh juga dimainkan dengan cara ditiup. Suling ini termasuk ke dalam rangkaian musik gamelan Gambuh.
ADVERTISEMENT
6. Kendang Bali
Kendang Bali biasa digunakan untuk barungan. Alat musik yang satu ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu kendang lanang dan kendang wadon.
(Anne)