Cerita Fabel Singkat untuk Memperkuat Bonding dengan Anak

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
5 Januari 2021 9:03 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cerita fabel Anjing yang serakah sumber ilustrasi: Dongeng Rakyat Or
zoom-in-whitePerbesar
Cerita fabel Anjing yang serakah sumber ilustrasi: Dongeng Rakyat Or
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengisahkan cerita fabel singkat pada anak mungkin terlihat sederhana dan biasa saja. Anda bisa menceritakannya kapan saja saat berdua dengannya, misal di waktu lengang maupun menjelang tidur malam.
ADVERTISEMENT
Menuturkan cerita fabel singkat lengkap dengan intonasi yang menarik minat anak itu memiliki berbagai kegunaan yang positif, lho! Misalnya, anak akan lebih imajinatif. Kita juga bisa menceritakan fabel yang sarat akan pesan moral sebagai contoh untuk anak mengerti nilai-nilai moral yang kita tanamkan.
Selain itu, mengisahkan cerita fabel bisa membuat hubungan emosional antara orang tua dan anak menjadi lebih erat dan terjalin.

Cerita Fabel Singkat untuk Bonding Orang Tua dan Anak

Bagaimana dengan orang tua yang tak bisa mendongeng? Jangan khawatir, karena Kumparan mengulas contoh cerita fabel singkat yang bisa Anda jadikan dongeng untuk si Kecil nanti malam menjelang tidur.
Kisah Anjing yang Serakah
Pada suatu hari, ada seekor anjing yang sedang sangat kelaparan karena sudah tidak makan selama beberapa hari lamanya. Ia mencari makanan ke sana kemari dan hampir berputus asa karena tak juga menemukan secuil makanan yang bisa mengganjal perutnya.
ADVERTISEMENT
Tak lama berjalan, anjing pun menemukan sebongkah daging di pinggir jalan. Mungkin milik seseorang yang terjatuh di sana, ia tak peduli. Dengan bergegas, Anjing menggigit daging tersebut dengan moncongnya dan membawanya pulang.
Di perjalanan pulang, Anjing pun melewati sebuah sungai berair jernih dengan jembatan di atasnya. Sembari bejalan di jembatan, Anjing melongok ke bawah dan alangkah terkejutnya ia menatap ada seekor anjing juga yang balas menatapnya dengan sebongkah daging besar di moncongnya.
Sang Anjing seketika menjadi serakah, ia berpikir bahwa mendapatkan dua bongkah tulang jika berhasil merebut daging milik anjing yang ada di air. Ia tak menyadari bahwa itu hanyalah bayangannya sendiri di atas air.
Tak berpikir panjang, Anjing pun langsung melompat ke air untuk merebut sebongkah daging yang dikiranya akan menjadi miliknya. Betapa menyesalnya ia saat mengetahui bahwa yang dilihatnya hanyalah bayangan dirinya sendiri di atas air. Selain kehilangan makanan yang berharga, ia pun harus menahan dingin karena basah kuyup. - Selesai.
ADVERTISEMENT
Cerita fabel singkat di atas dapat diambil nilai moralnya, yakni janganlah menjadi orang yang serakah, karena justru akan merugikan diri sendiri. (Adelliarosa)