Cara Scan Barcode Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
11 Agustus 2022 17:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Scan Barcode Vaksin  Sumber www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Cara Scan Barcode Vaksin Sumber www.unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setelah sempat mereda, kini angka penularan Covid-19 mulai mengalami kenaikan. Saat ini mulai diberlakukan kembali peraturan check-in melalui aplikasi PeduliLindungi. Berikut adalah cara scan barcode vaksin di aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki ruang publik.
ADVERTISEMENT
Aplikasi PeduliLindungi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi di Indonesia. Selain sebagai syarat memasuki atau menggunakan tempat dan transportasi umum, pada aplikasi PeduliLindungi juga terdapat keterangan vaksin setiap individu. Seperti diambil dari buku Bunga Rampai: Manajemen Digital Government di Indonesia (Kumpulan Kajian Kebijakan) (2022),

Cara Scan Barcode Vaksin

Ilustrasi Cara Scan Barcode Vaksin Sumber www.unsplash.com
Sesuai Intruksi Menteri Dalam Negeri, aplikasi PeduliLindungi yang bisa diunduh di perangkat Android maupun iOS, merupakan kewajiban bagi setiap warga negara. Berikut adalah cara scan barcode vaksin di aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki ruang publik.
Layanan check-in untuk aplikasi PeduliLindungi umumnya terdapat pada pintu masuk di tempat umum yang akan kita masuki. Seperti pusat perbelanjaan, bioskop, restoran, bandara, dan stasiun. Ikuti langkah mudah dalam cara scan barcode vaksin berikut ini,
ADVERTISEMENT
Cara Scan Barcode Vaksin di Aplikasi Sumber www.unsplash.com
Pengguna sudah divaksin lengkap dan memiliki status aman (tidak terinfeksi Covid).
ADVERTISEMENT
Pengguna sudah melakukan vaksin dosis pertama.
Pengguna terdata sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19, atau memiliki riwayat kontak erat dengan penderita Covid-19. Pengguna dengan warna ini tidak diperbolehkan memasuki ruang publik.
Pengguna belum melakukan vaksin, dan dalam kondisi terpapar pasien Covid-19. Pengguna dengan status ini dilarang masuk ke tempat-tempat umum.
Demikian cara scan barcode vaksin di aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki ruang publik. Petugas di sekitar area akan membantu Anda jika mengalami kesulitan dalam proses check-in.(DK)