Cara Membuat Latar Belakang Makalah Bagi Pemula Bisa Berdasarkan 4 Poin Penting

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
1 November 2020 14:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara membuat latar belakang makalah merupakan langkah penting dalam menyusun sebuah karya tulis.
ADVERTISEMENT
Latar belakang dapat segera ditentukan apabila kita sudah menemukan rumusan masalah yang akan dibahas dalam karya tulis yang sedang disusun. Rumusan masalah inilah "inti" atau pokok yang akan dibahas dalam makalah untuk kemudian ditarik hasil atau kesimpulannya.

Cara membuat latar belakang makalah yang simpel mudah

Apabila merasa bingung dalam membuat latar belakang makalah, berikut ini ada beberapa poin yang bisa menjadi landasan cara membuat latar belakang makalah.
Kumpulkan Informasi
Cara membuat latar belakang makalah yang pertama adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin untuk kemudian diidentifikasikan menjadi rumusan masalah.
Informasi yang bisa dijadikan pokok masalah bisa berasal dari isu sosial, budaya, pendidikan, keamanan, atau politik.
Kenali fakta masalah
Saat menyusun sebuah latar belakang makalah, temukan fakta-fakta dari masalah yang akan diangkat. Masalah di sini merupakan kesenjangan antara sesuatu hal yang diharapkan dengan suatu kenyataan (das sollen-das sein).
ADVERTISEMENT
Fokus pada masalah yang diangkat
Cara membuat latar belakang makalah yang selanjutnya ialah, fokuskan masalah yang dipilih untuk dapat memilih dan menyimpulkan masalah yang akan diteliti.
Fokuskan pada masalah yang lebih dominan, aktual dan krusial. Masalah yang diangkat dalam penelitian adalah masalah yang sebenar-benarnya terjadi, bukan yang direkayasa.
Jelaskan masalah yang akan diangkat
Langkah terakhir dalam cara menyusun makalah adalah menjelaskan masalah yang sedang diangkat. Bisa dijelaskan dari hal yang umum dulu kemudian baru hal khusus, atau sebaliknya.
Cara membuat latar belakang makalah memang terlihat sedikit tricky dan repot, namun setelah kita bisa menemukan masalah yang ingin diangkat, maka proses penyusunannya pun akan jauh lebih mudah dan sederhana.
ADVERTISEMENT
Semoga bermanfaat! (Adelliarosa)