Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word, Ternyata Mudah Dilakukan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
29 Oktober 2020 15:26 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Membuat Daftar Isi di Word, Foto: Dok. pinterest.com
zoom-in-whitePerbesar
Cara Membuat Daftar Isi di Word, Foto: Dok. pinterest.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara membuat makalah, skripsi, paper, laporan atau tulisan lainnya merupakan hal yang biasa dipelajari dan dilakukan mahasiswa atau siswa sekolah. Adapun setiap bentuk tulisan pasti memiliki formatnya tersendiri, namun umumnya selalu ada halaman daftar isi. Daftar isi berguna untuk memudahkan serta menginformasikan kepada pembaca mengenai topik-topik yang akan dibahas dalam tulisan tersebut beserta letak halamannya.
ADVERTISEMENT
Meskipun begitu, ternyata masih banyak para penulis yang masih kesulitan dalam membuat daftar isi dengan rapi secara otomatis. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara detail mengenai bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word. Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Aktifkan Fungsi Heading

Fitur Heading ada bagian kanan home. Untuk mengaktifkan fungsi ini, kamu dapat memilih bab atau sub bab yang ingin kamu tampilkan di daftar isi dengan cara mem-block-nya.
Ketentuannya, pilih Heading 1 untuk bagian bab dan Heading 2 untuk bagian sub bab. Ketika heading sudah aktif maka format tulisan akan berubah dan akan muncul ikon segitiga kecil disamping tulisan tersebut. Kamu dapat mengubah kembali format tulisan sesuai dengan ketentuan yang kamu inginkan.
ADVERTISEMENT

2. Pilih References

Setelah mengaktifkan seluruh heading. Kamu dapat kembali ke halaman daftar isi dan klik references. References terletak di tool bar di samping Layout, kemudian klik Table of Contents.

3. Pilih Automatic Table

Setelah meng-klik Table of Contents kamu akan melihat beberapa jenis automatic table, silakan pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Jika sudah maka, tabel daftar isi akan muncul secara otomatis.

4. Update Table untuk Memperbarui Daftar Isi

Jika ingin mengganti keterangan halaman di daftar isi, karena penambahan tulisan atau pergantian bab dan sub bab. Maka kamu dapat mengklik update table yang letaknya ada di bagian atas pojok kiri daftar isi.
Itulah cara membuat daftar isi di Microsoft Word secara otomatis. Mudah bukan? Selamat mencoba! (RYFA)
ADVERTISEMENT