Cara Cek Data KTP Online Mulai dari Aplikasi Sampai Lewat WhatsApp!

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
22 Desember 2020 9:30 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara cek data KTP online sumber foto: blog Evelania
zoom-in-whitePerbesar
Cara cek data KTP online sumber foto: blog Evelania
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara cek data KTP online di masa sekarang bisa dilakukan dalam waktu hitungan menit. Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengunjungi kantor Disdukcapil hanya untuk mengecek data Anda. Saat ini sudah banyak cara yang tersedia secara online dan bisa Anda pilih yang mana nyamannya.
ADVERTISEMENT
Hal ini dikarenakan mengikuti perkembangan zaman yang semuanya serba online. Selain itu, online dianggap praktis karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan terhadap data KTP secara online, berikut beberapa cara mulai dari aplikasi sampai menggunakan WhatsApp.

Cara Cek Data KTP Online dengan Card Reader e-KTP

Salah satu alat terpercaya yang bisa Anda gunakan untuk mengecek data pada KTP adalah Card Reader e-KTP. Melalui alat tersebut membuat pengecekan terasa lebih mudah. Hal ini dikarenakan alat itu akan membaca chip yang ada dalam e-KTP dalam hitungan detik. Sayangnya, alat ini hanya bisa ditemui pada kantor Disdukcapil saja.

Menggunakan Aplikasi Cek KTP ID dan NIK Online

Cara kedua yang bisa Anda coba dengan mudah adalah menggunakan aplikasi Cek KTP ID dan NIK Online. Aplikasi ini tersedia dalam Google Play Store dan harus diunduh terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan pengecekan NIK dan menekan menu cek atau cari.
ADVERTISEMENT
Tunggu selama beberapa menit dan nantinya pada layar akan muncul hasil dari apa yang Anda cari. Di sana akan tertera identitas Anda secara lengkap. Anda bisa menggunakannya kapan saja dan di mana saja saat ingin melakukan pengecekan data KTP.

Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Langkah terakhir yang bisa Anda coba lakukan untuk mendapatkan data KTP secara online adalah menggunakan aplikasi WhatsApp. Caranya adalah mengirimkan pesan atau chat dengan mencantumkan format nama lengkap, NIK, nomor KK milik Anda, dan nomor telepon yang masih aktif. Bagaimana, mudah, bukan?
Melihat ketiga cara di atas, tentu sangat mudah untuk mengecek dara KTP online, bukan? Jika Anda penasaran, maka Anda bisa mencoba menemukan cara yang dirasa lebih cepat dan hemat waktu dengan mencoba semuanya.(ANG)
ADVERTISEMENT