Biografi Umar bin Khattab, Sahabat Rasulullah yang Mendapat Gelar Al Faruq

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
7 September 2021 16:06 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ilustrasi biografi Umar bin Khattab, sumber gambar: https://www.pexels.com/
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi biografi Umar bin Khattab, sumber gambar: https://www.pexels.com/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap umat muslim perlu mengetahui sejarah khulafaur rasyidin, salah satunya yaitu tentang biografi Umar bin Khattab. Mengapa demikian? Hal ini karena Umar merupakan salah satu sahabat Rasulullah yang menyebarkan ajaran Islam sekaligus menjadi khalifah di muka bumi ini.
ADVERTISEMENT
Mengetahui kisah dari Umar bin Khattab dapat memberikan hikmah dan pembelaran bagi umat muslim. Hal ini juga dapat memperkaya pengetahuan kita tentang sejarah agama Islam.

Sifat Umar bin Khattab

Umar lahir ke dunia tiga belas tahun setelah tahun Gajah, sehingga ia lebih muda muda tiga belas tahun dari Rasulullah. Sebelum memeluk agama Islam, Umar adalah orang yang paling menentang ajaran Rasulullah.
Umar juga terkenal dengan sifatnya yang kasar dan kejam, sehingga ia sangat ditakuti oleh kaum muslim pada masa itu. Meskipun begitu, Umar memiliki kecerdasan yang tinggi dan mampu memprekdiksi hal-hal yang akan terjadi dengan perhitungan dan pemikirannya.
Pada masa Jahiliyyah, Umar mendapat amanah sebagai duta yang bertugas menjadi penengah jika terjadi permusuhan di antara para kabilah. Hal ini membuktikan bahwa Umar adalah sosok yang bijak dan adil, sehingga mendapat kepercayaan tersebut.
ADVERTISEMENT

Masuknya Umar ke dalam Agama Islam

ilustrasi biografi Umar bin Khattab, sumber gambar: https://www.unsplash.com/
Dikutip dari buku Jejak Langkah Umar bin Khattab (2017), Umar masuk Islam saat berusia dua puluh tujuh tahun, tepatnya pada tahun ke-enam kenabian. Suatu hari, Umar mendengar kabar bahwa adiknya, Fatimah beserta suaminya telah masuk Islam dan hal tersebut membuatnya geram dan sangat marah.
Umar pun lekas ke rumah adiknya dan mendapati adiknya tengah membaca Alquran. Umar tidak segan menampar adiknya hingga tersungkur. Ia pun merebut Alquran tersebut dan membaca Surat At-Taha yang tengah dibaca adiknya. Setelah membacanya, Umar merasakan kedamaian dan ketenangan di dalam hatinya karena tersentuh dengan bacaan tersebut.
Umar bergegas menemui Rasulullah di rumah Al-Arqam. Para sahabat merasa panik karena kehadirannya secara tiba-tiba. Namun, Rasulullah membukakan pintu untuk Umar dan menyambutnya dengan tangan terbuka.
ADVERTISEMENT
Umar pun memutuskan untuk menjadi mualaf, dan hal ini semakin menambah kekuatan agama Islam untuk berjuang dalam menjalankan dakwahnya. Jika dulunya dilakukan secara sembunyi-sembunyi, maka cara berdakwah selanjutnya dilakukan dengan terang-terangan.
Umar bin Khattab menjadi Khalifah
Biografi Umar bin Khattab, sahabat Nabi Muhammad saw., semakin menarik untuk dipelajari ketika ia diangkat menjadi khalifah. Umar menduduki posisi tersebut setelah Abu Bakar wafat pada 21 Juhadil akhir tahun ke-13 hijriah. Umar mengemban amanah tersebut dengan penuh tanggung jawab dan menerapkan kepemimpinan yang arif dan bijak.
Rasulullah SAW memberi julukan kepada Umar dengan sebutan ‘Al-Faruq’ yang artinya ‘Pembeda’. Hal ini karena Umar adalah orang yang mampu membedakan kebaikan dan keburukan dengan begitu cerdas.
ADVERTISEMENT
Kontribusi Umar dalam perkembangan Islam sangat besar, di antaranya yaitu melakukan penghitungan penanggalan Islam dan memperbarui tatanan pemerintahan. Umar wafat saat menjadi imam sholat subuh karena dibunuh oleh Abu Lukluk. Setelah wafat, posisi khalifah diberikan kepada Utsman bin Affan.
(DLA)