Bagian-Bagian Testis dan Perannya sebagai Alat Reproduksi Pria

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
11 Juli 2022 17:23 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormontestosteron disebut dengan tubulus seminiferus, sumber foto: (Fortune) by Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormontestosteron disebut dengan tubulus seminiferus, sumber foto: (Fortune) by Unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nama bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormontestosteron disebut dengan tubulus seminiferus. Seperti yang diketahui, setiap manusia saat lahir telah dianugerahi dengan sistem reproduksi. Sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan memiliki sejumlah perbedaan, yang mana setiap organnya memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Sistem reproduksi pada setiap manusia akan aktif saat seorang individu telah mencapai usia remaja. Adapun sistem reproduksi laki-laki terdiri dari beberapa macam alat reproduksi, salah satunya berupa tubulus seminiferus. Agar lebih memahami pengertian dan fungsi tubulus seminiferus, sebaiknya simak pemaparannya di artikel ini.
ADVERTISEMENT

Bagian-bagian Testis

Berikut adalah beberapa bagian testis yang memiliki peran penting dalam proses reproduksi pria:

Pengertian Tubulus Seminiferus

Ilustrasi bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormontestosteron disebut dengan tubulus seminiferus, sumber foto: by Unsplash.com
Mengutip buku Anatomi Fisiologi oleh Agustina, dkk (2022), tubulus seminiferus adalah tempat spermatogenesis, yang mana sel-sel germinal dapat berkembang menjadi spermatozoa. Sel-sel ini mempunyai interaksi yang cukup erat dengan sel Sertoli. Adapun sel Sertoli itu sendiri adalah sel kolumnar panjang yang bisa dibedakan selama proses meiosis membentuk sperma.
ADVERTISEMENT
Tubulus seminiferus adalah bagian terbanyak yang terdapat pada testis. Bentuk tubulus seminiferus seperti pembuluh-pembuluh kecil yang terkumpul. Letak tubulus seminiferus sejajar dengan bagian testis yang berfungsi memproduksi sperma dan hormon testosteron yang disebut epitelium. Jadi, produksi sperma sebenarnya dijalankan oleh sel dan jaringan yang ada pada tubulus seminiferus ini.
Dalam tubulus Seminiferus terjadi proses meiosis pada laki-laki. Dengan kata lain, tubulus Seminiferus mempunyai peran yang sangat penting dalam proses berlangsungnya reproduksi. Tubulus Seminiferus bisa ditemukan di bagian dalam testis.

Fungsi dari Tubulus Seminiferous

Tubulus seminiferous berfungsi untuk menghasilkan sel sperma yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk melakukan reproduksi generatif. Selain itu, tubulus seminiferus juga berfungsi untuk menjaga sel dan menyimpan sperma.
ADVERTISEMENT
Dalam proses meiosis, sel Sertoli yang menyelimuti tubulus Seminiferus akan mengalami proses diferensiasi yang nantinya dikonversikan menjadi sperma. Selanjutnya, sperma tersebut disimpan di dalam tubulus seminiferus sampai siap diejakulasi oleh penis.
Saat berada di dalam tubulus seminiferus, sperma harus berada di lingkungan yang suhunya memadai. Jika suhu terlalu panas atau terlalu dingin, maka sperma tersebut akan mati. Inilah pentingnya peran tubulus seminiferus sebagai wadah penyedia lingkungan yang tepat.
Setelah menyimak penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa fungsi tubulus seminiferous adalah untuk menghasilkan, menjaga, dan menyimpan sperma hingga layak untuk melakukan reproduksi generatif. (DLA)