Bacaan dan Arti Doa Sapu Jagat yang Sering Diucapkan Rasulullah

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
29 Agustus 2021 11:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi laki-laki yang membaca doa sapu jagat setelah sholat. https://www.freepik.com/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi laki-laki yang membaca doa sapu jagat setelah sholat. https://www.freepik.com/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Umat Islam dianjurkan dalam segala keadaan untuk selalu membaca doa. Seperti sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, “doa adalah ibadah” (HR. Abu Daud, no. 1479; Tirmidzi, no. 2969; Ibnu Majah, no. 3828). Doa adalah bentuk kerendahan manusia dari sang pencipta. Selain itu doa memiliki makna memita keinginan dan juga perlindungan dari Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Salah satu doa yang singkat, mudah dihafal dan sering diucapkan Rasulullah adalah doa sapu jagat. Mengutip buku berjudul Rahasia Dahsyat Energi Sapu Jagat, M. Ghofur Khalil (2020: 7) disebut doa sapu jagat karena di dalam doa tersebut memuat seluruh kebaikan yang ada si dunia maupun di akhirat.

Bacaan dan Arti Doa Sapu Jagat yang Sering Diucapkan Rasulullah

Ilustrasi laki-laki yang sedang berdoa. https://www.freepik.com/
Adapun bacaan dan arti serta makna doa sapu jagat yang dikutip dari buku yang berjudul Selamat Tinggal Susah karangan Asrifin An-Nakhrawie, S. Ag (2020: 229) yang merupakan bacaan Surat Al Baqarah ayat 201.
ADVERTISEMENT
Terdapat dua kebaikan dalam doa sapu jagat.
1. Kebaikan Dunia
Doa sapu jagat untuk kebaikan dunia yaitu meminta nikmat kesehatan, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal saleh, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik, serta kebaikan-kebaikan lainnya. Seluruh kebaikan dunia tercakup dalam doa tersebut.
2. Kebaikan Akhirat
Adapun kebaikan yang melebihi seluruh kebaikan yang ada di dunia adalah dimasukkan kedalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (takut), diberi kemudahan dalam hisab (perhitungan amal) di akhirat, serta kebaikan akhirat lainnya.
Selain itu juga permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar terbebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan ke dalam neraka yaitu dengan dijauhkan dari berbagai perbuatan yang haram dan dosa.
ADVERTISEMENT
Seperti yang diajarkan Rasulullah, umat muslim dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa sapu jagat dalam setiap melaksanakan ibadah, seperti setelah menunaikan sholat wajib atau pun sholat sunah. (MZM)