7 Cara Membuang Minyak Goreng Bekas Agar Tidak Mengotori Lingkungan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
21 Mei 2022 19:45 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Membuang Minyak Goreng Bekas, Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Cara Membuang Minyak Goreng Bekas, Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Untuk kamu yang suka menggoreng makanan menggunakan minyak goreng pastinya akan membuat minyak menjadi kotor dan kemudia tidak terpakai lagi. Hal ini dilakukan berulang kali dan akan membuat minyak goreng bekas menjadi menimbun. Tapi kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara membuang minyak goreng bekas agar tidak mengotori lingkungan dan mencemarinya. Kamu bisa lakukan beberapa hal dibawah ini.
ADVERTISEMENT
Cara termudah dan tercepat untuk membuang minyak goreng bekas pakai adalah dengan menuangkan di saluran air pada bak cuci piring. Meski lazim dilakukan, hal ini dapat memberikan efek jangka panjang yang buruk untuk pipa cucian piring. Sebaiknya jangan sembarangan membuang minyak goreng bekas pakai. Apalagi jika penggunaannya yang hanya sebatas menggoreng aneka olahan makanan saja terkadang membuat minyak goreng tak habis digunakan dan meninggalkan sisa.
Simak cara membuat minyak goreng bekas agar tidak mengotori dan mencemari lingkungan dalam ulasan berikut ini.

Cara Membuang Minyak Goreng Bekas

Cara Membuang Minyak Goreng Bekas, Foto: Unsplash.
Dikutip dari buku Teknologi Bioenergi karya Erliza Hambali (2021: 25), Minyak jelantah adalah minyak yang dihasilkan dari sisa penggorengan , baik dari minyak kelapa maupun minyak sawit .
ADVERTISEMENT
Minyak jelantah dapat menyebabkan minyak berasap atau berbusa pada saat penggorengan, meninggalkan warna coklat, serta flavour yang tidak disukai pada makanan yang digoreng. Inilah cara membuang minyak goreng bekas:
1. Bekukan sebelum dibuang
Untuk membuang minyak bekas pakai adalah dengan membekukan minyak di dalam lemari pendingin. Setelah minyak bekas pakai dingin dengan suhu ruang, tuang minyak ke wadah tertutup rapat lalu masukkan kedalam freezer. Minyak ini masih bisa digunakan kembali atau dibuang dalam keadaan padat dan beku.
2. Diamkan Hingga Minyak Dingin
Banyak orang yang terburu-buru dalam membuang minyak ketika masih panas. Padahal, hal tersebut sangatlah berbahaya karena bisa melelehkan wadah penyimpanannya serta mengenai diri apabila tidak berhati-hati. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya apabila kamu menunggu hingga minyak menjadi dingin.
ADVERTISEMENT
3. Menyimpan Minyak di Wadah yang Tak bisa Didaur Ulang
Cara membuang minyak goreng bekas yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan menyimpannya di wadah yang tak bisa didaur ulang, seperti botol plastik.
4. Mencampurkannya dengan Bahan Lain
Cara membuang minyak goreng bekas selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencampurkannya bersamaan dengan bahan lainnya yang memiliki sifat menyerap, seperti tanah atau pasir bekas kucing. Karena, dengan begini minyak tidak akan tumpah kemana-mana.
5. Menggunakan Ulang
Cara membuang minyak goreng bekas yang pertama bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakannya kembali. Memang sebelumnya sempat dikatakan bahwa minyak goreng bisa memberikan dampak berbahaya apabila digunakan berkali-kali.
6. Digunakan untuk Membunuh Serangga
Limbah minyak goreng yang sudah disuling dan dihilangkan kotorannya bisa digunakan untuk membasmi rumput liar. Kamu hanya perlu menuangkan minyak goreng ke dalam wadah penyemprotan dan semprotkanlah ke arah rumput liar yang mengganggu.
ADVERTISEMENT
7. Diolah Menjadi Biodiesel
Kamu cukup mencampurkan minyak goreng tersebut bersamaan dengan minyak sayur atau lemak hewan dan jenis alkohol metanol. Biodiesel yang dihasilkan dari minyak goreng bisa dijadikan sebagai pengganti BBM.
Nah itulah cara membuang minyak goreng bekas yang aman agar tidak mengotori dan mencemari lingkungan. Kita harus menajga lingkungan agar tetap asri dan bersih. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerusakan pada lingkungan dan bumi yang kita tinggali ini. Salah satu caranya kamu bisa memanfaatkannya menjadi biodiesel, yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti BBM. (Umi)