4 Minuman Khas Melayu Riau yang Harus Dicoba

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
8 Juli 2022 18:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Minuman Khas Melayu Riau, Foto Unsplash Aji Alice
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Minuman Khas Melayu Riau, Foto Unsplash Aji Alice
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Minum ialah sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia. Hal ini disebabkan minum memberikan cairan yang diperlukan oleh tubuh. Tanpa minum, manusia tidak bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama karena dehidrasi. Kini, minuman pun diberi beragam macam bahan sehingga tidak hanya bisa mengatasi dehidrasi, minuman juga bisa memberi gizi serta cita rasa. Salah satu dari minuman tersebut adalah minuman khas Melayu Riau. Mungkin Anda tidak bisa menemukan minuman sejenis yang memiliki rasa khas seperti minuman khas Melayu Riau ini. Oleh sebab itu, jika Anda pergi ke Riau, jangan lupa untuk mencicipi 4 minuman di bawah ini.
ADVERTISEMENT

Minuman Khas Melayu Riau

Berdasarkan laman ppid.riau.go.id, secara etimologi, kata Riau berasal dari bahasa Portugis, “Rio”, yang berarti sungai. Riau merupakan penggabungan dari sejumlah kerajaan Melayu yang pernah berjaya di wilayah ini, yaitu Kerajaan Indragiri, Kerajaan Siak Sri Indrapura, Kerajaan Pelalawan, Kerajaan Riau-Lingaa, dan beberapa kerajaan kecil lainnya.
Riau kental akan budaya Melayu. Oleh sebab itu, minumannya pun terpengaruh oleh budaya Melayu sehingga memiliki rasa yang khas. Minuman khas Melayu Riau adalah:
Ilustrasi Minuman Khas Melayu Riau, Foto Unsplash Zulfahmi Khani

1. Es Laksamana Mengamuk

Nama yang unik ini diambil dari kisah mengamuknya seorang Laksamana di kebun mangga kuweni karena pemiliknya membawa istrinya kabur. Laksamana itupun menebas pedangnya sehingga buah kuweni berjatuhan. Kini, minuman tersebut terbuat dari kuweni, santan dan gula merah.

2. Air Mata Pengantin

Minuman ini biasa dihidangkan di berbagai acara seperti pernikahan. Minuman ini terbuat dari biji selasih, sirup, blewah, dan es batu serut.
ADVERTISEMENT

3. Es Lancang Kuning

Es ini biasa dibuat oleh masyarakat Riau saat panen mangga. Minuman ini terbuat dari mangga yang dipotong dan diblender bersama gula dan susu. Setelah itu, dihidangkan di gelas bersama potongan mangga.

4. Air Tebu Nostalgia

Sesuai namanya, minuman ini terbuat dari air tebu. Selain itu, minuman ini juga dicampur dengan jahe, serutan kelapa, kacang tanah, dan selasih.
Demikian 4 minuman khas Melayu Riau yang patut dicoba. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? (LOV)