3 Faktor yang Memengaruhi Ciri Khas Kerajinan Suatu Daerah

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
12 Agustus 2022 18:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kerajinan tangan yang ada di Indonesia. Foto: unsplash.com/anniespratt
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kerajinan tangan yang ada di Indonesia. Foto: unsplash.com/anniespratt
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indonesia adalah negara yang kaya akan kekayaan alam. Sehingga kita dapat dengan mudah menemui kerajinan khas suatu daerah, misalnya saja kerajinan tangan. Namun apakah Anda pernah berpikir kenapa setiap daerah di Indonesia kerajinan tangan yang berbeda-beda. Setidaknya terdapat 3 faktor yang memengaruhi ciri khas kerajinan suatu daerah yaitu budaya, letak geografis, dan sumber daya alam. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT

3 Faktor yang Mempengaruhi Ciri Khas Kerajinan Suatu Daerah

Budaya

Dikutip dari buku Sosiologi Keperawatan karya Dra. Noorlasoamo, M.Kes, dkk (2009:12), secara umum kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi dan akal). Sehingga, kebudayaan memiliki arti hal-hal yang bersangkutan dengan akal. Budaya juga hasil dari perkembangan kata budi dan daya. Sehingga budaya merupakan cipta, karsa, dan rasa.
Alasan budaya menjadi faktor penting pada kerajinan tangan khas suatu daerah disebabkan karena kerajinan merupakan gambaran dari budaya suatu daerah. Inilah sebab kerajinan tangan setiap daerah di Indonesia memiliki bentuk maupun corak yang berbeda-beda.
Ilustrasi hasil kerajinan tangan daerah di Indonesia. Foto: unsplash.com/clemono

Letak Geografis

Letak geografis merupakan keberadaan suatu daerah berdasarkan letak dan bentuk di permukaan bumi. Letak geografis juga dapat memperlihatkan keadaan sebuah tempat yang berhubungan dengan letak lainnya.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya letak geografis yang berbeda, membuat kondisi alam sebuah daerah juga berbeda. Pada akhirnya adalah bahan yang digunakan berbeda ataupun sedikit ada perubahan dari daerah lainnya.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sumber daya yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan manusia. Di setiap daerah memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda. Inilah yang membuat kerajinan daerah memiliki ciri khas dan tidak bisa ditemui di daerah lainnya.
Misalnya saja daerah pegungungan sering kali ditemui danau atau rawa. Tempat tersebut sering menghasilkan banyak sekali tanaman yang bisa dijadikan kerajinan tangan, misalnya adalah tanaman enceng gondok. Sedangkan di daerah pantai sangat mudah menemui cangkang kerang. Sehingga kita sangat mudah menemui kerajinan tangan khas sebuah daerah pesisir pantai yang terbuat dari cangkang kerang.
ADVERTISEMENT
Itulah 3 faktor yang memengaruhi ciri khas kerajinan tangan sebuah daerah di Indonesia. Apakah di daerahmu terdapat kerajinan khas juga?(MZM)