3 Cara Menghubungkan HP ke Laptop untuk Transfer Data

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
27 Mei 2022 19:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Menghubungkan HP ke Laptop. (Foto: 377053 by https://pixabay.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Menghubungkan HP ke Laptop. (Foto: 377053 by https://pixabay.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tutorial cara menghubungkan HP ke laptop penting untuk kamu ketahui, khususnya jika kamu memiliki kedua alat tersebut. Dengan menyambungkan HP ke laptop, kamu dapat memindahkan data/file atau juga menghubungkan jaringan internet. Bagi sebagian besar orang, HP dan laptop memang merupakan alat yang penting karena dapat mendukung beberapa kegiatan, seperti pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya. Keunggulan HP akan lebih meningkat apabila jika dihubungkan dengan fitur yang tersedia pada laptop. Nah, artikel kali ini akan memuat langkah-langkah untuk menghubungkan HP ke laptop. Harapannya kamu dapat menggunakan fitur transfer data atau internet dengan mudah.
ADVERTISEMENT

Tutorial untuk Menghubungkan HP ke Laptop

Ilustrasi Menghubungkan HP ke Laptop. (Foto: StartupStockPhotos by https://pixabay.com)
Dikutip dari buku Optimalisasi HP & SimCard Pribadi yang ditulis oleh Ir. Yuniar Supardi (2013: 4), berikut adalah cara menghubungkan HP ke laptop yang tepat dan mudah untuk dilakukan:

1. IrDA

IrDA merupakan InfraRed, yang merupakan teknologi antara HP dengan laptop atau memungkinkan juga dari HP ke HP. Namun, koneksi IrDA harus tetap terjaga arahnya dengan alat yang dihubungkan, sehingga seringkali kurang efisien.

2. Bluetooth

Bluetooth merupakan teknologi koneksi antamedia HP dengan HP atau HP dengan laptop, karena dapat berkomunikasi jarak jauh, Bluetooth lebih populer dibandingkan IrDA. Bluetooth memungkinkan kamu untuk menghubungkan HP dan laptop dengan jarak lebih kurang 10 meter. Setelah koneksi IrDA mulai tidak populer, koneksi bluetooth saat lebih populer.
ADVERTISEMENT

3. Kabel Data

Peralatan yang paling mendasar dari koneksi antara HP dan laptop adalah kabel data (cable data). Setiap kali kamu membeli HP, terutama yang memakai CD driver atau sistem operasi pasti akan mendapatkan kabel data. Kabel tersebut dapat dipakai menghubungkan laptop dan HP untuk koneksi internet atau mengirim dokumen.
Selain transfer, kita juga dapat menggunakan HP sebagai sumber koneksi internet di laptop. Kita membutuhkan media koneksi dari HP ke laptop, yaitu dengan menggunakan kabel data, Bluetooth, atau media koneksi lainnya. Demikian penjelasan mengenai tutorial cara menghubungkan HP ke laptop. Semoga informasi bermanfaat! (CHL)