5 Manfaat Penting Dashcam pada Mobil

Konten dari Pengguna
12 Maret 2020 18:08 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Otomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Fitur Nissan Intelligent Rear View Monitor Nissan Terra. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
zoom-in-whitePerbesar
Fitur Nissan Intelligent Rear View Monitor Nissan Terra. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dashcam atau kamera yang dipasang di atas dasbor mobil kini kian populer. Banyak pengemudi yang bahkan memanfaatkannya untuk merekam video demi konten di YouTube.
ADVERTISEMENT
Dashcam juga dinilai praktis karena ukurannya kecil, kapasitas baterai lama, dan tak mengganggu pengemudi saat berkendara di jalan tol maupun jalan raya.
Harga kamera dasbor mobil juga kini terbilang cukup murah, jika dibandingkan dengan manfaatnya yang besar. Dashcam memberikan rasa aman selama di perjalanan.
Nah, berikut ini ulasan mengenai manfaat dan fungsi dashcam yang perlu kamu ketahui.
Ilustrasi modus penipuan pada mobil/Foto oleh Rosemary Ketchum dari Pexels

Menghindari modus penipuan

Ketika berkendara, ada banyak hal yang bisa terjadi di luar perkiraan kita. Mulai dari ban bocor, kecelakaan, mogok, dan lain sebagainya. Tindak kejahatan dengan berbagai macam modus juga bisa terjadi.
Adanya dashcam dinilai bisa membantu saat mengalami kejadian tak menyenangkan. Selain membuat pelaku kriminal berpikir dua kali untuk melancarkan aksinya, hasil rekaman dashcam bisa dijadikan alat bukti jika mengalaminya kecelakan dan tindak kejahatan.
Ilustrasi cctv camera/Foto oleh cottonbro dari Pexels

Sebagai pengawas keamanan

Ketika mobil tengah diparkir, tentu sulit bagi kita untuk mengawasinya. Ada banyak hal tidak terduga yang bisa terjadi, seperti pencurian barang berharga dalam mobil, hingga pencurian kendaraan.
ADVERTISEMENT
Itu semua mungkin tak bisa diantisipasi, namun kita bisa memakai barang bukti kejadian tersebut dengan adanya kamera di atas dasbor.
Illustrasi dashboard mobil/Foto oleh Matheus Bertelli dari Pexels

Merekam peristiwa yang terjadi

Pada saat berkendara dan terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, kamera dashboard akan merekam kejadian itu. Hasil rekaman bisa menjadi bukti yang dapat membantu pihak berwajib. Selain peristiwa yang menegangkan, terkadang ada juga peristiwa lucu dan tidak terduga lainnya yang bisa terekam dashcam.
Ilustrasi mobil yang keluar dari handphone/Foto oleh Matheus Bertelli dari Pexels

Klaim asuransi

Penting untuk diketahui, terutama bagi Anda nasabah dan calon nasabah asuransi kendaraan. Jika suatu saat kendaraan Anda mengalami masalah seperti kecelakaan, kerusakan akibat bencana alam, kerugian akibat tindak kejahatan, dashcam bisa jadi bukti pelengkap. Hasil rekaman dashcam bisa jadi bukti untuk melakukan klaim asuransi.
Ilustrasi video youtube/Foto oleh freestocks.org dari Pexels

Membuat konten video

Saat ini banyak orang menggantungkan hidupnya pada penghasilan yang diperoleh dari adsense YouTube. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengabadikan kejadian unik yang kita alami untuk ditampilkan pada platform seperti YouTube.
ADVERTISEMENT
Nah, jadi sekarang kita sudah tahu apa manfaat dashcam di mobil. Tidak sekedar aksesoris pemanis tampilan saja, namun bisa dijadikan alat pengawas hingga merekam peristiwa atau kejadian selama di perjalanan.(kur)