Zakat Mal: Pengertian, Hukum, dan Syarat Wajib Pelaksaannya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
15 Agustus 2021 9:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi banyak uang. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi banyak uang. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Zakat adalah rukun Islam keempat yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim. Dalam pelaksanaannya, zakat dapat memberikan keberkahan, kesucian jiwa, serta kebersihan hati bagi pelakunya.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Keutamaan Zakat, Infak, Sedekah oleh Gus Arifin secara bahasa zakat berarti tumbuh, berkah, suci, dan baik. Sedangkan secara istilah zakat adalah hak berupa harta yang wajib ditunaikan kepada kelompok tertentu dengan syarat yang telah ditetapkan.
Ada banyak jenis zakat dalam Islam. Namun yang wajib dikerjakan hanya dua yakni zakat fitrah dan zakat harta. Zakat harta sering disebut juga zakat mal.
Agar lebih memahaminya, berikut penjelasan tentang zakat mal lengkap dengan hukum dan syarat wajib pelaksanaannya.

Pengertian Zakat Mal

Zakat mal adalah kegiatan mengeluarkan sebagian harta kekayaan berupa binatang ternak, hasil tanaman, emas dan perak, serta harta perdagangan dan kekayaan lain yang diberikan kepada orang yang berhak dengan syarat dan ketentuan tertentu.
Ilustrasi investasi emas. Foto: Shutter Stock
Mengutip buku Fikih: Sedekah, Zakat, dan Wakaf oleh Dr. Qodariah Barkah hukum menunaikan zakat mal adalah wajib bagi setiap Muslim. Allah SWT berfirman:
ADVERTISEMENT
خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."
Zakat termasuk dalam kategori ibadah seperti sholat, haji, dan puasa yang telah diatur secara rinci berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah. Zakat juga merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan umat manusia.
Dampak ekonomis aplikasi zakat dapat membawa hal positif bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Zakat menjadi salah satu instrumen dalam memenuhi kebutuhan fakir dan miskin serta penerima zakat lainnya.
Ilustrasi emas. Foto: Shutter Stock

Syarat Wajib Zakat Mal

Mengutip buku Pelaporan Zakat Pengurang Pajak Penghasilan, syarat orang yang wajib membayar zakat adalah:
ADVERTISEMENT
Sedangkan syarat-syarat nisabnya adalah sebagai berikut:
(MSD)