Tips Membuat Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan serta Contohnya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
17 Mei 2022 10:38 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Membuat Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan. Foto: freepik.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Membuat Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan. Foto: freepik.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Surat lamaran kerja merupakan salah satu berkas penting yang harus dilampirkan saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Karena pentingnya surat ini, membuatnya pun harus dilakukan dengan baik dan benar.
ADVERTISEMENT
Terutama memerhatikan penulisan yang tepat pada setiap bagiannya, salah satunya pada kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan. Mengingat kalimat pembuka menjadi bagian yang dibaca pertama kali oleh perekrut, maka membuatnya dibutuhkan ketelitian.
Namun, hal tersebut tidak akan menjadi kendala bagi pelamar bila mengetahui bagaimana tips menulis kalimat pembuka. Berikut tips membuat kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang baik.
Ilustrasi Membuat Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan. Foto: iStock.com

Tips Membuat Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

Menyadur buku Cara Mudah Menulis Surat Lamaran Kerja oleh M. Handika, dkk., berikut tips membuat kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan.

1. Buat Kalimat yang To The Point

Pada bagian kalimat pembuka, hindari menulis dengan pembahasan yang berbelit-belit. Hal ini dapat membuat perekrut kurang tertarik untuk membaca lebih lanjut.
Buatlah kalimat pembuka yang langsung menyasar pada poinnya, bahas hal-hal yang perlu dan penting. Misalnya, “Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapat dari....., saya tertarik untuk melamar posisi Sales dan Marketing di perusahaan Angkasa Raya.”
ADVERTISEMENT

2. Mengekspresikan Diri

Berikan kesan bahwa pelamar sangat ingin diterima untuk mengisi posisi yang dilamar. Caranya dengan mengekspresikan diri menggunakan bahasa yang sopan dan tetap profesional.
Berikut contoh kalimat pembuka untuk surat lamaran kerja dengan maksud mengekspresikan diri, “Saya berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari perusahaan ini dan memberikan kontribusi positif sesuai bidang saya.”

3. Menyebutkan Kemampuan

Tidak ada salahnya menyebutkan kemampuan yang dimiliki pada kalimat pembuka. Kemampuan tersebut harus sejalan dengan bidang pekerjaan yang dilamar.
Yakinkan bahwa kemampuan tersebut dapat memberikan kontribusi positif pada perusahaan. Berikut contoh kalimatnya: “Dengan kemampuan dan pengalaman saya di bidang desain grafis, saya merasa cocok untuk lowongan tersebut dan berharap dapat bekerja di PT. Media Nusantara.”

4. Menyampaikan Informasi Lowongan

Pada saat menulis kalimat pembuka pada surat lamaran kerja, hendaknya pelamar menyampaikan dari mana mendapat informasi lowongan tersebut.
ADVERTISEMENT
Contohnya seperti ini, “Informasi lowongan pekerjaan ini saya dapatkan dari Sdr Azka.” atau bisa juga dengan kalimat berikut, “Sdr Azka yang merekomendasikan saya posisi marketing di perusahaan Angkasa Raya karena dianggap memiliki keahlian dan pengalaman yang cocok.”
Ilustrasi Membuat Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan. Foto: iStock.com

Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

Melansir dari buku Teori Komunikasi Bisnis karya Hengki Mangiring Parulian Simarmata, dkk., berikut contoh kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan.
1. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Akun Instagram lowongan.pekerjaan perihal lowongan pekerjaan di PT. Bima Sakti, melalui surat lamaran ini saya bermaksud melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi marketing.
2. Menurut informasi lowongan pekerjaan yang saya terima dari situs web CariKerja.com, PT. Abadi Nusantara membutuhkan tenaga kerja untuk posisi Design Produk, maka melalui surat ini saya bermaksud mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut dan mengikuti proses seleksi di PT. Abadi Nusantara.
ADVERTISEMENT
3. Menurut informasi yang saya dapatkan dari media online KerjaKeras.com pada tanggal 12 Mei 2022, bahwa Perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan tenaga tambahan dengan posisi Sistem Informasi. Melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk melamar pada posisi ters. Berdasarkan keahlian serta pengalaman di bidang Sistem Informasi yang saya miliki, saya berharap dapat bekerja secara maksimal jika diterima.
(EAR)