Tips Aman Sewa Mobil Saat Liburan ke Luar Negeri

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
18 Maret 2020 17:59 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
com-Ilustrasi Menyewa Mobil Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi Menyewa Mobil Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Liburan ke luar negeri memang membutuhkan rencana yang matang sejak jauh-jauh hari. Tak terkecuali, mobilitas kita selama berada di sana pun harus dipikirkan masak-masak.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, sewa mobil adalah opsi yang pas dibanding menggunakan transportasi umum ketika liburan di luar negeri. Apalagi jika kamu berlibur dengan membawa rombongan baik keluarga maupun teman.
Selain menghemat, menyewa mobil juga memungkinkan kita untuk bebas berkeliling tanpa batasan waktu. Namun, sebelum menyewa mobil di luar negeri, ada baiknya perhatikan 4 hal berikut ini.

Memiliki SIM Internasional

SIM Internasional Online di NTMC Polri, Jakarta Selatan. Foto: Mirsan Simamora/kumparan
Sama seperti di Indonesia, untuk bisa berkendara di luar negeri pun dibutuhkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Kamu bisa memiliki SIM internasional dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 250 ribu.
Pembuatan SIM internasional dapat dilakukan bila sudah memiliki SIM domestik. SIM internasional dibuat di Korlantas Polri dengan melampirkan SIM domestik.
Dengan memiliki SIM internasional, proses penyewaan mobil di luar negeri akan lebih mudah. Tetapi ada juga kantor penyewaan mobil yang menawarkan SIM internasional pada penyewa.
ADVERTISEMENT

Cari Tempat Sewa Mobil

Kantor Eazy Rent di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (13/5). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Mencari informasi tentang tempat penyewaan mobil sangat penting sebelum pergi ke luar negeri. Kamu bisa mencari bahkan memesan mobil yang akan kamu sewa jauh sebelum waktu keberangkatan.
Selain itu, kamu juga harus memahami proses penyewaan tersebut. Biasanya, untuk melakukan penyewaan mobil, kamu harus menyerahkan kartu kredit sebagai jaminan.

Konsultasikan Asuransi Mobil

Tips yang satu ini juga tak kalah penting. Yakni bertanya seputar asuransi mobil yang hendak disewa. Tujuannya agar kamu tidak perlu repot mengurus ketika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan saat menggunakan mobil sewaan.

Pahami Rambu-rambu Lalu Lintas di Negara Lain

Berurusan dengan pihak berwajib di luar negeri tentunya akan menjadi hal yang merepotkan. Untuk menghindari hal tersebut, pahamilah rambu lalu lintas yang berlaku di negara yang hendak dituju.
ADVERTISEMENT
(LMJ)