Tentang Pencipta Lagu Kupu-Kupu yang Lucu dan Pelopor Lagu Anak Indonesia

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
14 Maret 2022 14:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Lagu Kupu-Kupu yang Lucu Diciptakan oleh. Foto: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Lagu Kupu-Kupu yang Lucu Diciptakan oleh. Foto: pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" menjadi salah satu yang dapat meningkatkan kepedulian anak terhadap alam dan lingkungan. Pesan cinta lingkungan dalam lagu ini mudah diingat oleh anak karena disampaikan dalam bentuk syair yang menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" mengajak anak-anak untuk memperhatikan keindahan kupu-kupu dan bunga. Tujuannya agar anak bisa hidup bersama kupu-kupu dan bunga serta tak merusaknya.
Menukil buku Membangkitkan Kejayaan Lagu Anak, mengenalkan dan menyanyikan lagu anak menjadi salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan mental positif si kecil. Lagu anak dengan tema persahabatan, kasih sayang, cinta alam, dan patriotisme dapat mengaktifkan kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar.
Lagu anak juga menjadi cara yang tepat agar anak mengingat masa kecilnya yang ceria dan penuh warna. Selain itu, lagu anak berperan sebagai kekuatan dalam membentuk kesadaran dan identitas anak melalui pesannya yang sarat edukasi.
Ilustrasi Lagu Kupu-Kupu yang Lucu Diciptakan oleh. Foto: pixabay.com

Pencipta Lagu Kupu-Kupu yang Lucu

Lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" diciptakan oleh Ibu Sud, seorang pelopor lagu anak Indonesia. Mengutip buku Kumpulan Lagu Nasional karangan Gunawan Ismail, Ibu Sud atau Saridjah Niung Bintang Soedibjo lahir pada 26 Maret 1908 di Sukabumi, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Ibu Sud adalah seorang pemusik, pencipta lagu anak-anak, guru musik, penyiar radio, dan seniman batik Indonesia. Kemampuan bermusiknya didapatkan dari ayah angkatnya, Prof. Dr. Mr. J.F. Kramer, mantan Wakil Ketua Hooge Reschtshof (Kejakasaan Tinggi) di Jakarta. Saat lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan pada 28 Oktober 1928, Ibu Sud turut mengiringinya dengan biola.
Awal mula Ibu Sud mulai menciptakan lagu anak adalah ketika ia membayangkan betapa indahnya jika anak-anak dapat menyanyikan lagu berbahasa Indonesia. Sebab, di masa itu ia harus mengajarkan murid-murid Indonesia dengan lagu berbahasa Belanda.
Lagu anak ciptaannya yang populer adalah "Nenek Moyang", "Pergi Belajar", "Menanam Jagung", "Kereta Apiku", "Burung Kutilang", "Hai Becak", "Naik-Naik ke Puncak Gunung", "Lagu Gembira", dan masih banyak lagi.
Ilustrasi Lagu Kupu-Kupu yang Lucu Diciptakan oleh. Foto: pixabay.com

Lirik Lagu Kupu-Kupu yang Lucu

Berikut lirik lagu Kupu-Kupu yang Lucu untuk diajarkan kepada anak yang dikutip dari buku Kumpulan Lagu Anak Indonesia Super Lengkap oleh Nada Irama.
ADVERTISEMENT
Kupu kupu yang lucu
Kemana engkau terbang
Hilir mudik mencari
Bunga bunga yang kembang
Berayun ayun
Pada tangkai yang lemah
Tidakkah sayapmu
Merasa lelah
Kupu kupu yang elok
Bolehkah saya serta
Mencium bunga-bunga
Yang semerbak baunya
Sambil bersenda
Semua kuhampiri
Bolehkah kuturut
Bersama pergi
(DND)