Perbedaan Moisturizer dan Hydrator, Kosmetik Perawatan Wajah Dehidrasi

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
6 Juli 2021 11:30 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi moisturizer untuk melembapkan wajah. Sumber: Freepik.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi moisturizer untuk melembapkan wajah. Sumber: Freepik.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memiliki wajah yang dehidrasi memang sedikit mengganggu. Sebab, teksturnya yang kering akan terasa tidak nyaman saat disentuh. Selain itu, wajah yang dehidrasi juga akan sulit untuk menerima riasan.
ADVERTISEMENT
Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada dua kosmetik yang bisa digunakan untuk melembapkan kulit yang dehidrasi, yakni moisturizer dan hydrator. Meski memiliki fungsi yang sama untuk merawat kulit dehidrasi, cara kerja keduanya sangat berbeda.
Melansir dari Dermstore, situs kosmetik dan skincare asal AS, perbedaan moisturizer dan hydrator bisa dilihat dari cara kerjanya..
Dr. Anna Guanche, M.D., dokter kulit bersertifikat asal Los Angeles, menjelaskan bahwa hydrator berfungsi untuk menyerap air ke dalam sel-sel kulit agar terhidrasi. Dengan kondisi yang terhidrasi, maka kemampuan kulit untuk menyerap kelembaban dan nutrisi akan lebih baik.
Sedangkan cara kerja moisturizer, menurut Dr. Tsippora Shainhouse, M.D., F.A.D, adalah dengan mengunci atau menyegel kelembaban yang sudah ada untuk membangun penghalang guna melindungi kulit. Kulit yang terlindungi akan terjaga kelembutan dan kelembabannya.
ADVERTISEMENT
Jadi, bagi kulit yang mengalami dehidrasi, sebaiknya lapisan peratahanan kulitnya diperbaiki terlebih dahulu dengan menggunakan produk yang mengandung hydrator. Hal ini bertujuan agar kelembapannya terjaga. Kemudian, barulah diaplikasikan moisturizer untuk menguncinya.
Ilustrasi moisturizer untuk melembapkan wajah. Sumber: Freepik.com

Produk Kosmetik yang Mengandung Hydrator dan Mosturizer

Hydrator dan moisturizer merupakan bahan utama dalam sebuah produk perawatan wajah kering dan dehidrasi. Produk yang mengandung hydrator biasanya berupa serum atau yang mengandung bahan seperti asam hialuronat. Beberapa produk menggabungkan asam hialuronat dengan bahan lainnya untuk mengatasi masalah kulit tambahan.
Sedangkan produk yang mengandung moisturizer biasanya berupa pelembab, losion, minyak, dan krim. Jika kulit lebih berminyak, bisa menggunakan losion yang lebih ringan. Dan untuk kulit yang lebih kering, bisa menggunakan krim yang lebih tebal. Pada siang hari, kebanyakan orang lebih menyukai losion yang ringan dan krim yang lebih berat di malam hari.
ADVERTISEMENT

Perawatan Kulit Dehidrasi atau Kering

Perawatan kulit dehidrasi atau kering bisa dilakukan pada pagi dan malam hari. Berikut adalah perawatan wajah dengan kulit kering yang direkomendasikan oleh situs Cosmedica Skincare.
Perawatan kulit dehidrasi rutin pagi hari
ADVERTISEMENT
Perawatan kulit dehidrasi dan kering di malam hari
ADVERTISEMENT
(ULY)