Penjelasan dan Contoh Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, dan Parasitisme

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
13 November 2020 7:56 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Contoh simbiosis. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Contoh simbiosis. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Simbiosis berasal dari bahasa Yunani yakni “sym” yang berarti bersama dan “biosis” yang memiliki arti kehidupan. Maka, pengertian simbiosis adalah sebuah pola interaksi yang erat di antara dua makhluk hidup yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Secara umum, simbiosis dikelompokkan menjadi tiga, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme. Ketiganya dibedakan berdasarkan dampak dari hubungan yang terjadi. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Simbiosis Mutualisme

Ikan badut dan anemon laut. Foto: Freepik
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua organisme berbeda jenis yang saling menguntungkan. Tidak ada yang dirugikan dalam simbiosis ini. Keduanya baru akan mengalami kerugian jika simbiosis tidak dilakukan.
Berikut adalah contoh-contoh simbiosis mutualisme:
ADVERTISEMENT

Simbiosis Komensalisme

Hiu dan ikan remora. Foto: istock
Simbiosis komensalisme merupakan interaksi antara dua mahkluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lainnya. Berikut adalah beberapa contohnya:
ADVERTISEMENT

Simbiosis Parasitisme

Nyamuk. Foto: Pixabay
Simbiosis parasitisme adalah ketergantungan yang terjadi ketika pihak yang satu mendapat keuntungan namun merugikan pihak lainnya. Bahkan inang bisa mati sebagai akibat dari simbiosis ini. Beberapa contoh simbiosis parasitisme adalah:
ADVERTISEMENT
(ERA)