Menilik Sejarah Pizza dengan Kisah Unik di Dalamnya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
10 Agustus 2022 13:01 WIB
ยท
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengenal sejarah pizza. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Mengenal sejarah pizza. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pizza adalah hidangan berupa roti bundar dan pipih yang dipanggang dengan menggunakan oven. Dalam sejarah pizza, disebutkan bahwa makanan ini berasal dari Italia dan mulai dikenalkan di negara-negara lainnya. Itu sebabnya, makanan satu ini mudah ditemukan di mana saja.
ADVERTISEMENT
Umumnya, pizza dihiasi dengan jenis-jenis topping tertentu, seperti mozarella, keju, sayuran, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kelezetan pizza juga bisa dinilai dari roti yang digunakannya.
Biasanya, roti yang digunakan mengandung mentega, sehingga membuat rasanya semakin gurih. Ingin tahu secara lengkap sejarah pizza? Simak penjelasannya pada artikel di bawah ini, ya.

Sejarah Pizza

Sejarah pizza yang jarang diketahui oleh orang awam. Foto: Unsplash
Menyadur buku Aneka Pizza karangan Lily T. Erwin, kata pizza berasal dari bahas Italia yaitu 'pihai' yang berarti kue tart. Bahkan sebelum disebut pizza, makanan ini diberi nama Laganae.
Saat itu, pizza muncul pada sekitar tahun 1600-an. Awal mulanya, pizza tersebut dibuat tanpa menggunakan saus tomat di atasnya. Kemudian, di tahun 1800-an, pizza dengan saus tomat mulai dibawa oleh imigran Italian yang pada umumnya berasal dari Napoli ke New York, Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Beberapa waktu setelahnya, tepatnya di tahun 1889, topping pizza mulai bermunculan. Di antaranya ada keju, bawang putih, ikan-ikan kecil lokal, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

Kisah Pizza Margherita

Ada cerita unik lain dari pembuatan pizza yang perlu untuk diketahui, yakni kisah Pizza Margherita dari Napoli, Italia. Awal mulanya, ada seorang pembuat pizza bernama Raffaele Esposito. Pada saat itu, ia dan istrinya diminta untuk menyiapkan sebuah pizza untuk dipersembahkan kepada Ratu Margherita Savoia, istri Kaisar Italia Umberto I.
Pizza spesial ini dibuat atas perintah dari sang kaisar, sehingga dibentuklah bendera Italia dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia. Warna merah dari saos tomat, warna putih dari mozzarella, dan warna hijau dari daun basil.
Dan tanpa disangka-sangka, pizza buatan Raffaele Esposito sangat disukai sang ratu. Mulai dari situlah, muncul Pizza Margeherita dan Don Raffaele ditulis sebagai nama pembuatnya.
Classic pizza bolognese with OmniMeat Foto: dok.PizzaMarzano

Kandungan Gizi Pizza

Sayang, ada beberapa kondimen pizza yang mengandung garam dan lemak tinggi, sehingga makanan ini masuk ke dalam kategori fast food. Kendati demikian, kandungan gizi dalam pizza akan berbeda apabila dibuat langsung dengan menggunkan bahan-bahan rumahan.
ADVERTISEMENT
Sebagai informasi, mengonsumsi pizza yang terlalu sering dengan banyaknya kandungan lemak dan garam di dalamnya bisa memicu obesitas, kolesterol tinggi, hingga hipertensi. Oleh karena itu, pastikan untuk membatasi jumlah konsumsi hidangan lezat satu ini.
(JA)