Manfaat Sholawat Nariyah Beserta Bacaannya yang Dapat Diamalkan

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
20 September 2021 18:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Alquran. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Alquran. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Sholawat menurut istilah adalah doa yang ditujukan kepada Rasulullah SAW sebagai bukti rasa cinta dan hormat kita kepadanya. Salah satu sholawat yang memiliki keutamaan luar biasa jika diamalkan secara rutin adalah sholawat nariyah.
ADVERTISEMENT
Kamaludin menjelaskan melalui buku Rahasia Dahsyat Shalawat Keajaiban Lafadz Rasulullah SAW, sholawat nariyah dibuat oleh Syekh Nariyah, sahabat Nabi Muhammad SAW yang menekuni bidang Ilmu Tauhid. Tujuan Syekh Nariyah membuat sholawat ini adalah untuk memuji Rasulullah SAW atas segala upayanya dalam menyebarkan ajaran agama Islam serta menegakkan tauhid pada saat itu.
Masih mengutip dari buku yang sama, sholawat nariyah dianjurkan dibaca setelah melaksanakan sholat wajib. Akan lebih baik jika sebelum membaca sholawat nariyah diawali dengan membaca surat Al Fatihah terlebih dahulu.
Apa saja manfaat sholawat nariyah? Dan seperti apa bacaan sholawat nariyah? Simak jawabannya di bawah ini.

Manfaat Sholawat Nariyah

Alquran. Foto: Unsplash
Menurut buku Mukjizat Sholawat terbitan Qultum Media, berikut ini beberapa manfaat dari membaca sholawat nariyah.
ADVERTISEMENT
1. Permohonannya akan cepat terkabul
Salah satu sholawat yang mustajab adalah sholawat Tafrijiyah Qurthubiyah yang disebut orang Maroko dengan sholawat nariyah. Syekh Al Qurthuby menerangkan, "Bila dibaca 4.444 kali dalam satu majlis (sekali duduk), maka akan ditunaikan hajatnya yang besar dan dibebaskan dari musibah yang sangat membahayakan."
2. Memperlancar rezeki
Bagi umat Muslim yang membaca sholawat ini sebagai wiridan sehabis shalat (Fardhu) sebanyak 11 kali, maka rezekinya tidak akan putus. Selain itu, umat Muslim yang mengamalkannya juga akan akan mendapatkan pangkat, kedudukan, dan kekayaan berlimpah.
3. Meringankan masalah dan menghilangkan kesedihan
Sholawat nariyah bisa menjadi salah satu bacaan yang bisa diamalkan ketika menghadapi masalah yang pelik. Sebab, sholawat ini juga bermanfaat untuk meringankan dan memudahkan dalam menemukan solusinya.
ADVERTISEMENT
Sholawat nariyah menjadi bentuk tawassul untuk meminta kepada Allah melalui Nabi SAW sebagai perantaranya. Rasulullah SAW bersabda:
Siapa membaca shalawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca sholawat kepadaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia. Dan hadits Rasulullah yang mengatakan; Perbanyaklah sholawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan." (HR. Ibnu Mundah dan Jabir).
4. Terhindar dari segala macam marabahaya hingga penyakit
Jika membaca sholawat nariyah setelah selesai sholat subuh dan maghrib sebanyak 21 kali, Insya Allah akan diselamatkan oleh Allah SWT dari segala macam marabahaya hingga penyakit.

Bacaan Sholawat Nariyah

Alquran. Foto: Unsplash
Berikut adalah bacaan sholawat nariyah yang dikutip dari buku Khasanah Ilmu Kesaktian oleh Ki Asmak Gandring:
ADVERTISEMENT
أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ
Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan napas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."
ADVERTISEMENT
(NDA)