Kupas Tuntas Tari Kandagan, dari Asal-Usul hingga Gerakannya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
6 Desember 2021 8:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tari Kandagan. Foto: Flickr
zoom-in-whitePerbesar
Tari Kandagan. Foto: Flickr
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tari kandagan adalah jenis tari kreasi baru asal Sunda, Jawa Barat. Tarian ini biasanya dibawakan oleh penari perempuan. Tari Kandagan bisa dipertunjukkan secara tunggal ataupun secara berkelompok.
ADVERTISEMENT
Menghimpun buku Abstraksi hasil penelitian dan karya cipta seni tahun 1979 s.d. 2007, tari kandagan merupakan pengembangan dari tari Renggarini, kreasi salah satu maestro tari Sunda, Raden Tjetje Somantri pada 1957.
Kata kandagan sendiri artinya wadah untuk menyimpan perhiasan dan juga barang berharga. Nama Kandagan dimaksudkan bahwa tarian ini merupakan kumpulan dari berbagai gerakan tari yang indah.

Ciri Khas dan Kostum Tari Kandagan

Mengutip buku Seni dalam Dilema Industry: Sekilas tentang Perkembangan Pertunjukan Tari Sunda oleh Endang Caturwati, tari kandagan termasuk ke dalam golongan tari putri yang gagah. Karena itulah, unsur maskulinitas lebih ditonjolkan pada gestur para penarinya. Maskulinitas ini terlihat pada sikap gerak kepala, badan, kaki dan juga tangan yang digunakan dalam tarian ini.
ADVERTISEMENT
Meskipun dalam hal gestur terdapat banyak kesamaan dengan tari renggarini, namun kedua tarian ini memiliki banyak perbedaan pada kostum yang digunakan. Penari kandagan biasanya memakai siger dengan rambut gambuh kecil, baju tutup kutung berkerah hitam, dan juga sanggul yang disertai tata rias kandagan.

Gerakkan Tari Kandagan

Tari Kandagan. Foto: DOKSEN UPT TIK IBSI Bandung
Dijelaskan dalam buku Abstraksi hasil penelitian dan karya cipta seni tahun 1979 s.d. 2007, untuk menarikan tari kandagan diperlukan keterampilan bakat dan latihan yang lama agar bisa menguasainya. Sebab, gerakan tari kandagan sangat beragam, mulai dari gerak pokok hingga gerak peralihan.
Koreografi tari kandagan bagi pemula biasanya dimulai dengan mengolah badan untuk persiapan menari. Selain itu, para pemula juga harus berlatih cara bersikap dan bergerak sebagai karakter yang gagah seperti sikap kepala, badan, kaki, dan tangan.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah urutan gerakkan tari kandagan yang dikutip dari buku Pendidikan kebudayaan Sunda untuk sekolah menengah atas (SMA).
(NDA)