Kumpulan Bacaan Doa Iftitah, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
22 Desember 2020 13:34 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Membaca Doa Iftitah. Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Membaca Doa Iftitah. Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Doa iftitah adalah salah satu bacaan sunnah dalam sholat. Doa iftitah dibaca setelah melakukan takbiratul ihram dan sebelum membaca Surat Al Fatihah. Iftitah sendiri berasal dari kata “fataha” yang berarti pembukaan. Ini alasan mengapa doa iftitah terletak di awal rakaat.
ADVERTISEMENT
Meski bersifat sunnah, sholat tidaklah sempurna jika tidak membaca doa ini. Bahkan, ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa doa iftitah wajib dibaca.
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Daud dan Hakim, Rasulullah SAW bersabda: “Sholat seseorang tidak sempurna hingga ia bertakbir memuji Allah dan menyajungnya kemudian membaca Alquran yang mudah baginya.”
Terdapat beberapa jenis bacaan doa iftitah yang diajarkan Rasulullah SAW. Umat Muslim diperbolehkan memilih salah satunya sebagai bacaan dalam sholat. Berikut macam-macam bacaan doa iftitah lengkap dengan latin dan artinya.

1. Doa Iftitah

Bacaan doa iftiah yang pertama berbunyi:
“Allaahu akbaru Kabiraa Walhamdulillaahi Katsiiraa, Wa Subhaanallaahi Bukratan Wa’ashiilaa, Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas Samaawaati Wal Ardha Haniifan Musliman Wamaa Anaa Minal Musyrikiin. Inna Shalaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina. Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin.”
ADVERTISEMENT
Artinya: “Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang.
Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.
Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim (orang-orang yang berserah diri).”
Ilustrasi Sholat. Foto: Pinterest.

2. Doa Iftitah dengan Lafal “Allahumma Baid”

Bacaan doa iftilah yang kedua berbunyi: “Allaahumma Baa’id Bainii Wa Baina Khathaayaaya Kamaa Baa’adta bainal Masyriqi Wal Maghrib. Allaahumma Naqqinii Minal Khathaayaa Kamaa Yunaqqats Tsaubul Abyadlu Minad Danas. Allaahummaghsil Khathaayaaya Bil maa-i Wats Tsalji Wal Barad”
ADVERTISEMENT
Artinya: “Ya Allah, jauhkanlah aku dari kesalahan dan dosa-dosaku sebagaimana engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan dan dosa-dosaku sebagaimana bersihnya pakaian putih dari kotoran. Ya Allah cucilah aku dari dosa-dosaku dengan air, salju, dan embun.”

3. Doa Iftitah Rabba Jibril

Iftitah Rabba Jibril sering diamalkan Rasulullah ketika mengerjakan sholat tahajud. Bunyinya adalah:
“Allahumma Rabba Jibriilaa Wa Miikaaiila, Wa Israafiila Faa Thirassama Waati Wal Ardhi, ‘Aalimalghoibi Wasyahaadati Anta Tahkumu Baina ‘Ibaadika Fiimaa Kaanuu Fiihi Yakhtalifuuna. Ihdinii Limaakh Tulifa Fiihi Minal Haqqi Bi Idznika Innaka Tahdii Mantasyaa‘u Ilashiraathimmustaqiim.”
Artinya: “Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, dan Israfil. Sebagai Pencipta langit dan bumi. Yang Maha Mengetahui yaitu Mengetahui yang gaib dan yang nampak. Ya Allah, yang memutuskan diantara hamba-Mu terhadap apa yang mereka pertengkarkan.
ADVERTISEMENT
Berilahlah petunjuk kepada kami untuk menggapai kebenaran yang diperselisihan dengan izin-Mu.Sesungguhnya Engkau Maha Memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki menuju jalan yang lurus.”
(VIO)