Kisah Ketampanan Nabi Yusuf yang Memukau Kaum Hawa

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
17 Desember 2021 11:30 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Nabi Yusuf. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Nabi Yusuf. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kisah ketampanan Nabi Yusuf sudah tidak asing bagi sebagian umat Muslim. Memang tidak ada bukti fisik seperti apa sosok Nabi Yusuf sebenarnya. Namun, ketampanannya jelas tertuang dalam Alquran dan hadits.
ADVERTISEMENT
Bahkan, Rasulullah SAW pernah menyinggung tentang bagusnya rupa Nabi Yusuf. Di dalam Kitab Al-Mahabbah karya Imam Al-Ghazali disebutkan bahwa Imam Muhammad bin Asy'ats berkata,
"Pada masa Nabi Yusuf 'laihissalam, penduduk Mesir pernah hidup selama empat bulan tanpa makanan. Jika mereka lapar, mereka cukup memandang Nabi Yusuf sehingga ketampanannya menjadikan mereka lupa akan rasa laparnya."
Ketampanan Nabi Yusuf mampu membuat kaum hawa terpesona, hingga ada yang kehilangan akal sehatnya karena tak sanggup berkata-kata lagi.
Lantas, seperti apa kisah ketampanan Nabi Yusuf kala itu? Kisah ini dirangkum dari buku Kisah Para Nabi: Sejarah Lengkap Kehidupan Para Nabi karangan Ibnu Katsir (2017: 315).
Ilustrasi Nabi Yusuf. Foto: Pixabay

Nabi Yusuf Memukau Zulaikha

Zulaikha adalah seorang wanita impian. Cantik, kaya, dan kedudukan sosialnya yang tinggi. Semua wanita iri padanya dan pria-pria juga bermimpi untuk menikahinya. Namun, Zulaikha tak pernah berpaling kepada siapa pun kecuali Nabi Yusuf.
ADVERTISEMENT
Cinta Zulaikha kepada Nabi Yusuf begitu besar. Bahkan status Nabi Yusuf sebagai budak tak pernah ia pedulikan. Zulaikha benar-benar berusaha mati-matian untuk mendapatkan Nabi Yusuf. Namun, usahanya tak pernah berhasil.
Meskipun harus mengorbankan semuanya, termasuk rasa malu, Zulaikha bahkan tak bisa menyentuh Nabi Yusuf sedetik pun. Pada akhirnya, wanita tercantik ini menjadi istri sang Nabi setelah melalui jalan yang panjang dan menyusahkan.
Ketika Zulaikha mengejar Nabi Yusuf (makhluk-Nya), Allah menjauhkannya. Tapi saat Zulaikha mendekati Allah, didekatkanlah Zulaikha dengan Nabi Yusuf hingga menjadi pasangan suami istri.
Ilustrasi Nabi Yusuf. Foto: Pixabay

Ketampanan Nabi Yusuf Membuat Jari Wanita Teriris

Merujuk pada buku Nabi Yusuf AS: Sang Rasul Yang Rupawan terbitan Erlangga For Kids (2019: 224), dikisahkan Zulaikha mengundang teman-teman wanitanya (kalangan istri pejabat) untuk datang di kediamannya. Tamu tersebut dihadapkan dengan sebuah meja yang di atasnya terdapat pisau dan apel.
ADVERTISEMENT
Ketika semua orang bercengkerama, Zulaikha menyuruh Nabi Yusuf untuk melewati ruangan ini. Begitu Nabi Yusuf menampakkan wajahnya, maka para wanita ini pun seolah tak bisa bicara. “Ini kah malaikat, ini kah malaikat,” begitu kata mereka.
Saking bahagianya melihat wajah Nabi Yusuf, tamu ini tak sadar telah mengiris jari-jarinya sendiri. Rasa sakit tak terasa karena terlalu terpesona dengan ketampanan Nabi Yusuf. Zulaikha pun berkata, “Sekarang kalian tahu kenapa aku begitu jatuh cinta dengan pemuda ini.”
Kisah tersebut jelas tertera dalam Surat Yusuf ayat 31 yang artinya:
Artinya: "Maka tatkala wanita itu (Zulaikha) mendengar cercaan mereka, diundangnyalah wanita-wanita itu dan disediakannya bagi mereka tempat duduk, dan diberikannya kepada masing-masing itu dan mereka sebuah pisau (untuk memotong jamuan), kemudian dia berkata (kepada Yusuf): "Keluarlah (nampakkanlah dirimu) kepada mereka". Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada (keelokan rupa)nya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: "Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia”. (QS. Yusuf ayat 31).
Ilustrasi ketampanan Nabi Yusuf. Foto: Pixabay

Kebiasaan Nabi Yusuf Menutup Wajahnya

Setelah perjalanan panjang yang berawal dari seorang budak, beliau akhirnya diangkat menjadi bendahara negara. Posisi ini membuatnya sering bertemu tamu wanita.
ADVERTISEMENT
Hanya dengan satu tatapan, Nabi Yusuf mampu membuat seorang wanita cinta mati. Oleh sebab itu, beliau selalu menyembunyikan wajahnya di balik penutup wajah terutama ketika bertemu tamu-tamu wanitanya.
Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama reaksi para wanita yang akan sangat terpikat dengan parasnya.
(VIO)