Keadaan Alam di Indonesia: Kondisi Fisik, Flora, dan Fauna

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
27 April 2021 15:43 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pulau Komodo, Indonesia Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pulau Komodo, Indonesia Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indonesia menjadi salah satu negara terluas di kawasan Asia Tenggara. Negara yang dikenal sebagai Nusantara ini memiliki ribuan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Karena itulah, Indonesia disebut Negara Kepulauan.
ADVERTISEMENT
Luasnya wilayah Indonesia membuat negara ini memiliki keadaan alam yang beragam di setiap wilayah. Keadaan alam tersebut mencakup kondisi fisik, flora, dan fauna.
Seperti apa keadaan alam di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

Keadaan Alam di Indonesia

Kondisi Fisik Wilayah
Kondisi fisik Indonesia dapat dilihat dari kondisi geologi, iklim, dan lainnya. Berikut kondisi fisik Indonesia selengkapnya:
1. Letak Astronomis dan Geografis
Mengutip buku Modul 1 Letak Wilayah dan Pengaruhnya Terhadap Keadaan Alam Indonesia yang ditulis Drs. Sutarjo, dkk. (2020), secara astronomis Indonesia terletak pada 6º LU - 11ºLS dan 95 BTº - 141 BTº.
Secara geografis, Indonesia dikelilingi oleh benua Asia di sebelah Utara (hingga Barat Laut), samudera Pasifik (Lautan Teduh) di sebelah Timur (hingga Timur Laut), Benua Australia di sebelah Tenggara, dan samudera Hindia di sebelah Barat Daya (hingga sebelah Selatan).
ADVERTISEMENT
2. Kondisi Geologis
Secara geologis, Indonesia terletak pada pertemuan lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Tumbukan ketiga lempeng tersebut membentuk rangkaian pegunungan yang menjadi gunung berapi. Ketiga lempeng itu juga menyebabkan terjadinya fenomena alam seperti gempa bumi dan tsunami.
3. Bentuk Muka Bumi
Sebagai negara yang luas, Indonesia mempunyai bentuk muka bumi yang beragam. Mulai dari dataran tinggi, dataran rendah, bukit, pegunungan, gunung, pantai, dan lainnya.
Iklim
Letak lintang wilayah membuat Indonesia memiliki iklim tropis. Iklim ini bisa dikenal dengan beberapa ciri, yakni:
Ilustrasi komodo foto: Unsplash

Flora dan Fauna

Mengutip e-Modul Geografi oleh Kemdikbud (2019), persebaran jenis-jenis flora dan fauna di Tanah Air terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
ADVERTISEMENT
Tipe Asiatis atau Bagian Barat
Tipe Asiatis bisa ditemukan di wilayah Indonesia bagian barat, mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan.
Tipe Asia-Australis atau Bagian Tengah
Umumnya, tipe Asia-Australis merupakan campuran zona asiatis dan australis. Tipe ini banyak ditemukan di daerah Sulawesi dan Nusa Tenggara.
Tipe Australis atau Bagian Timur
Flora dan Fauna ini tersebar di Kepulauan Maluku dan Papua. Tipe Australis memiliki banyak kesamaan dengan flora dan fauna di Australia.
(GTT)