Jumlah Huruf Hijaiyah Beserta Pengertian dan Cara Bacanya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
18 Agustus 2020 18:07 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kitab Al-Quran. Sumber: Fanaru.
zoom-in-whitePerbesar
Kitab Al-Quran. Sumber: Fanaru.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Huruf hijaiyah merupakan huruf yang digunakan dalam penulisan Alquran. Sebelum membaca Alquran, umat Muslim harus mengetahui jenis dan cara membaca huruf hijaiyah.
ADVERTISEMENT
Istilah huruf hijaiyah sendiri diambil dari bahasa arab الهجائية yang bermakna mengeja atau ejaan. Dari sanalah huruf hijaiyah memiliki pengertian sebagai huruf dasar dalam ejaan dan pembentukan kata serta kalimat dalam bahasa Arab.
Meski Alquran diturunkan dengan tulisan huruf hijaiyah, bukan berarti firman Allah SWT tersebut hanya ditujukan untuk bangsa Arab, melainkan untuk seluruh umat Islam di dunia. Huruf Hijaiyah memiliki aturan urutan yang berbeda dengan terminologi abjad.
Abjad Arab ditulis dari arah kanan ke kiri dengan bergaya kursif. Selain itu, huruf hijaiyah sendiri memiliki jumlah sebanyak 29 abjad. Huruf hijaiyah juga disebut sebagai huruf alfabet yang berasal dari Arab.
Ilustrasi membaca Al-Quran. Sumber: Virtual Mosque.
Dalam penulisannya, huruf hijaiyah ada yang bisa disambung dan tidak karena masing-masing memiliki bentuk sesuai posisinya. Huruf ini menjadi penting untuk dipelajari cara membacanya dengan baik dan benar sebelum melanjutkan membaca Alquran. Berikut huruf hijaiyah dan cara membacanya.
ADVERTISEMENT
ا : alif
ب : ba
ت : ta
ث : tsa
ج : jim
ج : ha
خ : kho
د : dal
ذ : dzal
ر : ro
ADVERTISEMENT
ز : zay, zayy atau za
س : sin
ش : syin
ص : shod
ض : dhod
ط : tho
ظ : zho
ع : ain
غ : ghoin
ف : fa
ADVERTISEMENT
ق : qof
ك : kaf
ل : lam
م : mim
ن : nun
هـ : ha
و : waw
ي : ya
ء : hamzah
(DNA)