Jenis-Jenis dan Jumlah Kandungan Protein Telur Ayam

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
12 Oktober 2022 9:00 WIB
ยท
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi telur. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi telur. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Telur merupakan bahan makanan yang sangat populer dan digemari berbagai kalangan masyarakat. Selain karena harganya yang terjangkau, telur juga memiliki kandungan protein untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Salah satu jenis telur yang banyak dijadikan berbagai sajian adalah telur ayam. Telur ayam dapat dimasak sesuai dengan selera, mulai dari cara direbus, digoreng, dimasak dengan sambal balado, dan sebagainya.
Menurut Paula Figoni dalam buku How Baking Works Edisi 2, telur ayam umumnya memiliki bentuk oval atau lonjong. Komponen telur secara keseluruhan terdiri dari putih telur, kuning telur, kulit telur, dan selaput membran.
Untuk mengetahui lebih banyak terkait jenis-jenis dan jumlah kandungan protein telur ayam, simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Jenis-jenis Telur Ayam

Ilustrasi jenis-jenis telur ayam. Foto: Pexels
Mengutip buku Sehat Bersama Aneka Pangan Alami karya Astawan, telur ayam merupakan telur yang dihasilkan oleh ternak unggas ayam. Telur ayam terdiri dari berbagai jenis yang dibedakan dari warna cangkang hingga kandungan gizinya. Berikut adalah beberapa jenis telur ayam yang beredar di pasaran.
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

Kandungan Protein Telur Ayam

Ilustrasi kandungan protein telur ayam. Foto: Pexels
Berdasarkan data yang dirilis Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu butir telur ayam mengandung sekitar 6-7 gram protein. Akan tetapi, kandungan protein setiap telur akan berbeda-beda yang tergantung dari ukurannya. Berikut adalah jumlah protein telur ayam berdasarkan ukurannya.
Jumlah kandungan protein bagian kuning dan putih telur sebenarnya juga berbeda. Jumlah proetein kuning telur adalah 50% dari seluruh protein dalam satu butir etlur. Sedangkan jumlah protein putih telur setara dengan 11% protein dalam satu butir telur.
ADVERTISEMENT
(AAA)