Jawaban Belajar dari Rumah di TVRI SD Kelas 4-6 Gerakan Sadar Energi

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
10 Juni 2020 17:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Iustrasi sadar energi, materi Belajar dari Rumah TVRI. Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Iustrasi sadar energi, materi Belajar dari Rumah TVRI. Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
TVRI kembali menayangkan program Belajar Dari Rumah untuk siswa-siswi SD kelas 4-6 SD. Program ini akan mengudara pada Kamis (11/6) pukul 09.00-09.30 WIB di TVRI. Materi yang diajarkan kali ini bertajuk “Gerakan Sadar Energi: Pulau Bintang."
ADVERTISEMENT
Nantinya akan ada tayangan yang membahas materi tersebut. Siswa diharapkan dapat memahami isi tayangan agar dapat menjawab soal yang tersedia. Terdapat 3 pertanyaan yang diajukan, yaitu:
Berikut beberapa referensi jawaban yang dapat membantu ayah dan ibu membimbing putra dan putri Anda.

Jawaban Materi Belajar dari Rumah SD Kelas 4-6

1. Menurut saya Pulau Bintang sangat luar biasa. Penduduk pulau tersebut memanfaatkan alam untuk menghasilkan energi listrik. Alih-alih menggunakan batu bara atau minyak bumi, energi listrik di Pulau Bintang dihasilkan dengan memanfaatkan energi angin, air, dan matahari.
ADVERTISEMENT
Meskipun semua itu termasuk energi yang terbarukan atau tidak bisa habis, namun penduduk Pulau Bintang tetap menghemat pemakaian listriknya. Itu terlihat saat lampu menyala hanya pada waktu sore dan malam hari. Selain itu, penduduk di Pulau Bintang memanfaatkan kotoran hewan ternak untuk bahan bakar gas yang digunakan untuk menyalakan kompor dan penghangat air mandi.
2. Sangat setuju, karena dengan energi terbarukan, kita tidak lagi khawatir kehabisan sumber energi untuk kehidupan kita. Kita juga tidak tergantung lagi pada energi yang cepat habis seperti batu bara, minyak bumi, dan lain-lain yang juga menyebabkan pemanasan global. Selain itu, energi terbarukan termasuk energi yang ramah lingkungan, jadi lebih aman bagi kesehatan manusia.
ADVERTISEMENT
3. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi adalah mematikan televisi bila tidak ditonton, mematikan lampu saat hari mulai terang, menggunakan kendaraan bermotor sesuai kebutuhan, naik kendaraan umum, menyalakan AC pada suhu 25 derajat celcius, mencabut alat-alat elektronik yang tidak dipakai, dan menggunakan listrik seperlunya.
Nah, itulah jawaban soal Belajar Dari Rumah materi "Gerakan Sadar Energi: Pulau Bintang." Sebagai catatan, pertanyaan ini bersifat terbuka. Artinya, jawaban yang disajikan dalam artikel ini merupakan salah satu acuan, namun tidak menutup kemungkinan jawaban yang berbeda.
(ERA)