Doa Pagi Katolik Puji Syukur untuk Menyambut Hari yang Baru

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
22 Maret 2022 13:00 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi membaca Doa Pagi Katolik Puji Syukur. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membaca Doa Pagi Katolik Puji Syukur. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebelum beraktivitas, umat Katolik dianjurkan menyempatkan diri untuk mensyukuri berkat Tuhan yang dilimpahkan kepadanya. Salah satu caranya adalah dengan memanjatkan Doa Pagi Katolik yang termuat dalam buku Puji Syukur.
ADVERTISEMENT
Puji Syukur merupakan buku kumpulan doa dan nyanyian Gerejawi umat Katolik di Indonesia. Buku ini juga dapat digunakan sebagai penunjang saat perayaan misa dan sebagai pedoman doa harian.
Doa Pagi Katolik Puji Syukur berisi penyembahan, pujian, syukur, serta permohonan kepada Tuhan agar mendapat perlindungan dan keselamatan saat menjalani kegiatan sepanjang hari nanti.
Mengutip buku Spiritualitas Orang-orang Katolik tulisan AI. Purwahadiwardoyo, tujuan umat Katolik membiasakan diri untuk berdoa bukan semata-mata untuk mendapat pujian, melainkan agar semakin dekat dengan Allah dan memperoleh kekuatan rohani dari-Nya.

Doa Pagi Katolik Puji Syukur

Ilustrasi Doa Pagi katolik Puji Syukur. Foto: Pexels
Doa Pagi Katolik Puji Syukur tercantum dalam buku Puji Syukur halaman 48-50. Ada tiga versi Doa Pagi Katolik Puji Syukur yang dapat didaraskan umat, tergantung apa yang ingin disyukuri dan dimohonkan kepada Tuhan. Berikut bacaan selengkapnya.
ADVERTISEMENT

Doa Pagi Katolik Puji Syukur 1

Ya Allah, Bapa sumber segala kerahiman. Pada awal hari baru ini aku menghaturkan puji dan syukur kepada-Mu atas perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Aku bersyukur atas hari baru yang membawa kesegaran dan membangkitkan semangat baru bagi hidupku. Berilah aku kemampuan baru untuk menghayati iman dan mengamalkan kasih sepanjang hari ini.
Bimbinglah aku sepanjang hari ini; arahkanlah pikiran dan budiku, jangan sampai akal merancang pikiran benci dan dendam, tindakan marah dan cemburu, keinginan jahat dan mementingkan diri.
Jagalah lidah dan bibirku, jangan sampai terucap kata yang menyakitkan hati, kata yang kejam menusuk rasa, kata yang tidak benar, kata yang menghina.
Tuntunlah tingkah laku dan perbuatanku, supaya sepanjang hari ini aku bekerja sebaik baiknya, tidak pernah jemu menolong sesama, selalu ramah dan tahu terima kasih, menghayati iman dan mengamalkannya dengan sekuat tenagaku.
ADVERTISEMENT
Semua ini kami sampaikan kepada-Mu, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. (Amin)

Doa Pagi Katolik Puji Syukur 2

Allah, Bapa kami yang ada di dalam surga, kami berterimakasih kepada-Mu karena hari yang baru ini. Berilah kami iman yang hidup, harapan yang kuat dan cinta yang ikhlas.
Kami akan berusaha sungguh-sungguh agar segala pikiran, perkataan yang akan kami ucapkan pada hari ini, dan segala perbuatanku berkenan kepada-Mu. Dan bimbinglah kami dengan terang Roh Kudus-Mu agar kami semakin serupa dengan Yesus Kristus, Putra-Mu.
Berkatilah keluarga kami dan semua orang yang akan kami jumpai hari ini. Berkatilah pula persaudaraan kami dengan mereka, agar menunjukkan kebaikan, seperti Engkau baik hati bagi semua orang. Semoga teladan Santa Perawan Maria dalam kesetiaan kepadamu dan keprihatinannya terhadap sesama menjadi semangat hidup kami pada hri ini. Ini semua kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. (Amin)
ADVERTISEMENT

Doa Pagi Katolik Puji Syukur 2 (untuk anak-anak)

Ya Allah, Bapa yang mahabaik, terima kasih atas perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Terima kasih pula karena Yesus yang Kau utus menjadi sahabat anak-anak; Doa selalu menemani aku. Terima kasih juga atas Roh Kudus yang Kau utus untuk membimbing aku. Semoga hari ini aku setia mendengarkan bisikan-Nya.
Bapa, berkatilah orang tuaku, pengasuh, pendidik, sanak saudaraku, dan teman-temanku. Bantulah juga mereka yang bersusah hati, sakit dan menderita. Semoga mereka merasakan penghiburan dari-Mu. Aku mohon bimbingan-Mu, ya Bapa, supaya hari ini aku selalu berlaku sopan dan melaksanakan tugas-tugasku dengan baik; rajin membantu di rumah dan ramah kepada teman-teman.
Ya Bapa, utuslah santo/ santa pelindungku, para malaikat pelindung, dan Bunda Maria sendiri supaya mendampingi aku sepanjang hari ini. ini semua aku mohon dengan pengantaraan Yesus, Tuhanku. (Amin)
ADVERTISEMENT

Apa Saja Doa Pagi Katolik?

Ilustrasi membaca doa pagi Katolik. Foto: Pexels
Selain Doa Puji Syukur, umat Katolik juga bisa mendaraskan doa pagi lainnya. Berikut beberapa contoh doa pagi Katolik seperti yang dikutip dari laman chatolic.org.

Doa Pagi Katolik Saat Bangun Tidur

Tuhan yang kudus, yang berada di luar pemahaman kami: atas firman-Mu, terang muncul dari kegelapan. Dalam rahmat-Mu, Engkau memberi kami istirahat melalui tidur sepanjang malam, dan membangkitkan kami untuk memuliakan kebaikan-Mu dan untuk mempersembahkan permohonan kami kepada-Mu. S
ekarang, dalam kasih-Mu yang lembut, terimalah kami yang memuja-Mu dan bersyukur kepada-Mu dengan sepenuh hati kami. Berikan kami semua permintaan kami, jika itu mengarah pada keselamatan; beri kami rahmat untuk menyatakan bahwa kami adalah anak-anak terang dan siang, dan pewaris upah abadi-Mu.
ADVERTISEMENT
Dalam limpahan rahmat-Mu, ya Tuhan, ingatlah semua umat-Mu; semua yang hadir yang berdoa bersama kami; semua saudara kami di darat, di laut, atau di udara, di setiap tempat di wilayah kekuasaan-Mu, yang menyerukan cinta-Mu bagi umat manusia.
Atas semuanya, curahkan belas kasihan-Mu yang besar, agar kami, yang diselamatkan dalam tubuh dan jiwa, dapat bertekun tanpa henti; dan agar, dalam keyakinan kami, kami dapat memuji Nama-Mu yang mulia dan terberkati, Bapa, Putra, dan Roh Kudus, selalu, sekarang dan selama-lamanya. Amin

Doa Persembahan Pagi untuk Hati Kudus Yesus

Yesus, melalui Hati Maria yang Tak Bernoda, aku mempersembahkan kepada-Mu doa, karya, kegembiraan dan penderitaanku hari ini untuk semua niat Hati Kudus-Mu, dalam persatuan dengan Kurban Kudus Misa di seluruh dunia, sebagai silih atas kematianku. dosa, untuk niat semua rekan kita, dan khususnya untuk niat Bapa Suci kita untuk bulan ini.
ADVERTISEMENT

Doa Pagi Katolik Jam Berapa?

Ilustrasi membaca doa pagi Katolik. Foto: Pexels
Doa pagi hari Katolik sejatinya bebas didaraskan pada pukul berapa saja. Namun, mengutip laman St. John Catholic Church, umumnya umat Katolik berdoa mulai pukul 06.00 atau pukul 09.00 pagi.
Waktu tersebut dikatakan ideal untuk berdoa karena lebih hening. Beberapa orang merasa lebih mudah berkomunikasi dengan Tuhan saat kondisi di sekitarnya tenang.

Doa Angelus Setiap Jam Berapa?

Doa Angelus atau Doa Malaikat Tuhan bertujuan untuk menghormati penjelmaan Tuhan menjadi manusia. Melalui doa ini pula umat Katolik dapat memberi penghormatan kepada Bunda Maria yang berperan sebagai Bunda Allah.
Mengutip buku 12 Katekese, Renungan, dan Doa Bunda Maria tulisan Y. Gunawan, Pr., Doa Angelus didaraskan sebanyak tiga kali dalam sehari, yaitu pada pukul 06.00, 12.00, dan 18.00. Doa Angelus yang dibaca pagi hari bertujuan untuk menghormati kebangkitan Yesus Kristus.
ADVERTISEMENT
(ADS)