Cara Melacak HP Android Menggunakan Google Find My Device

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
21 Februari 2020 12:41 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Illustrasi foto hp. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Illustrasi foto hp. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Melacak hp android merupakan salah satu kemudahan yang hadir pada era teknologi masa kini. Lupa meletakkan atau bahkan kehilangan handphone android tentunya sangat menyebalkan. Apalagi keberadaan smartphone saat ini dianggap lebih penting ketimbang dompet.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya teknologi canggih masa kini, melacak hp android tidak perlu memakan waktu lama. Pengguna android khususnya bisa menggunakan fitur Google Find My Device yang dapat diakses kapan pun dan di mana saja. Salah satu fitur besutan Google itu bisa diakses melalui PC maupun ponsel.
Lalu, bagaimana cara melacak HP Android menggunakan Google Find My Device di PC dan smartphone? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Login dengan e-mail yang Sama

Untuk bisa menggunakan aplikasi Google Find My Device, pengguna harus masuk dengan akun email yang sama seperti yang digunakan oleh ponsel Android yang hilang. Jika tidak menggunakan email yang sama, aplikasi tersebut tidak bisa melacaknya.

Buka dari PC

Google Find My Device bisa digunakan di PC dengan cara membuka laman https://android.com/find. Pada saat awal membuka situs tersebut, pengguna akan melihat tampilan seperti Google Maps. Peta tersebut menunjukkan titik lokasi ponsel yang sedang dicari.
ADVERTISEMENT

Install Aplikasi Find My Device

Apabila ingin melacak hp android yang hilang menggunakan ponsel, unduhlah aplikasi tersebut di Play Store. Setelah aplikasi terpasang, masuklah dengan akun Google yang digunakan oleh smartphone yang hilang tersebut.

Google Maps

Setelah berhasil masuk dengan akun yang sama, Google akan menunjukkan lokasi bersama keterangan waktu yang lengkap mengenai HP android yang hilang. Tidak hanya melacak hp yang hilang, tetapi aplikasi ini memberikan pilihan untuk pengguna agar bisa mengatur ulang, mengunci ponsel hingga menyalakan ringtone ke hp yang hilang.
(DNA)