Bahasa Isyarat I Love You serta Cara Mempelajarinya bagi Pemula

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
11 April 2022 12:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Bahasa Isyarat I Love You. Foto: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bahasa Isyarat I Love You. Foto: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam bahasa Indonesia, kata I love you artinya aku cinta kamu. Kata ini digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta terhadap seseorang. Mengungkapkan rasa cinta tidak hanya bisa disampaikan melalui kata-kata dan tindakan, tapi bisa juga dengan bahasa isyarat atau sign language.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari laman Hearing Like Me, bahasa isyarat adalah cara berkomunikasi seseorang untuk menyampaikan kata dan kalimat yang dilakukan dengan gerakan tangan dan ekspresi. Umumnya, bahasa isyarat digunakan oleh penyandang tunarungu.
Tunarungu adalah kondisi di mana fungsi pendengaran seseorang mengalami hambatan. Sehingga penderitanya kesulitan wicara dan hanya bisa menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi.
Bahasa isyarat berbeda di setiap negara. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis bahasa isyarat yakni Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) yang melibatkan dua tangan dan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) yang hanya melibatkan satu tangan.
Ilustrasi Bahasa Isyarat I Love You. Foto: pexels.com

Bahasa Isyarat I Love You

Cara untuk mengungkapkan I love you dalam bahasa isyarat adalah dengan cara menyingkatnya menjadi ILY. Berikut langkah bahasa isyarat I love you yang dirangkum dari laman Lingvano.
ADVERTISEMENT
1. Angkat salah satu tangan lalu dikepalkan.
2. Buka jari kelingking untuk mengisyaratkan huruf "I"
3. Lalu, buka jari telunjuk dan jempol untuk mengisyaratkan huruf "L"
4. Terakhir buka ibu jari untuk mengisyaratkan huruf "Y"
Banyak orang mengira bahwa bahasa isyarat ILY dengan tiga jari merupakan simbol setan dikarenakan mirip dengan gaya rock. Pada kenyataannya simbol ini memiliki arti tersendiri ketika digabungkan.
Maka, saat menyampaikan pesan ini sebaiknya dilakukan dengan tersenyum. Karena Anda sedang mengatakan hal yang manis kepada seseorang.
Ilustrasi Bahasa Isyarat I Love You. Foto: pexels.com

Cara Belajar Bahasa Isyarat bagi Pemula

Setelah mengetahui bahasa isyarat I love you, berikut cara belajar bahasa isyarat bagi pemula yang dirangkum dari laman Hearing Like Me.

1. Belajar Online dengan Menonton Video

Belajar bahasa isyarat bisa dilakukan secara online dengan menonton video. Ada beberapa media yang bisa digunakan seperti Youtube dan BSL zone. Pengguna juga bisa mengunduh video yang digunakan untuk belajar sehingga dapat memutarnya berulang kali.
ADVERTISEMENT

2. Bergabung dengan Komunitas Bahasa Isyarat

Dengan bergabung di komunitas bahasa isyarat, Anda bisa mendapat kesempatan untuk memoles keterampilan bahasa isyarat. Teman-teman di komunitas pastinya akan mengoreksi dan memberi tips agar Anda bisa berkomunikasi dengan teman tunarungu.

3. Mengikuti Kursus Online Bahasa Isyarat

Kursus online dapat menjadi cara untuk belajar bahasa isyarat bagi pemula. Kursus online bersifat fleksibel karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja, sehingga belajar bahasa isyarat pun lebih nyaman.

4. Menggunakan Aplikasi Bahasa Isyarat

Ada beberapa aplikasi yang tersedia untuk belajar bahasa isyarat. Sign BSL merupakan aplikasi kamus bahasa isyarat Inggris yang bisa digunakan. Selain itu, ada juga aplikasi Skrip yang mengajarkan cara menggunakan bahasa isyarat.
(EAR)