Apa Itu Husbando, Istilah yang Sering Digunakan Otaku Perempuan?

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
29 Oktober 2021 18:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apa Itu Husbando Foto: YouTube/GAMES & Anime Naruto Seasons
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa Itu Husbando Foto: YouTube/GAMES & Anime Naruto Seasons
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Husbando menjadi salah satu istilah yang kerap dijumpai oleh penggemar anime, baik wibu ataupun otaku. Biasanya, istilah ini digunakan kaum hawa untuk membahas karakter anime yang dianggap istimewa.
ADVERTISEMENT
Kata “husbando” sebenarnya merupakan kebalikan dari kata “waifu” yang sering diucapkan oleh para pria. Kendati demikian, istilah satu ini memang lebih jarang disinggung dibanding kata “waifu”.
Lantas, apa itu husbando? Daripada penasaran, langsung saja simak artikel di bawah ini!
Ilustrasi Apa Itu Husbando Foto: YouTube/David Schneider

Apa Itu Husbando?

Seperti dikatakan sebelumnya, husbando merupakan kebalikan dari kata “waifu”. Mengutip buku Yuuki Asuna: Cantik, Ideal, Dewasa tulisan Nahason Bastin (2021), waifu merujuk pada ketertarikan terhadap gadis atau wanita dalam anime, manga, atau video game secara romansa. Kata waifu berasal dari bahasa Inggris, yaitu “wife” yang artinya istri.
Sementara itu, husbando berasal dari kata bahasa Inggris juga, yakni “husband” yang memiliki arti suami. Secara umum, husbando atau husbu adalah ketertarikan seseorang terhadap karakter pria dalam anime, manga, atau video game secara romansa.
ADVERTISEMENT
Kaum hawa yang menyukai anime kerap kali menggunakan istilah husbando untuk karakter yang sangat mereka cintai. Ketertarikan ini bahkan mengarah pada keinginan untuk menikahi karakter pria tersebut.
Biasanya, karakter yang disebut sebagai husbando memiliki wajah tampan, otak cerdas, semangat juang tinggi, hingga kemampuan luar biasa.
Sifat tsundere juga kerap menjadi nilai tambah bagi para wibu. Sekadar informasi, tsundere mengacu pada seseorang yang memiliki sikap dingin atau kasar, namun perlahan menunjukkan sisi hangatnya.

Karakter Anime yang Kerap Dijuluki Sebagai Husbando

Ada banyak karakter anime yang kerap dijadikan husbando otaku perempuan. Beberapa di antaranya merupakan karakter anime bergenre aksi hingga olahraga. Berikut karakter anime yang kerap dijuluki husbando:
1. Sinichi Kudo
Ilustrasi Apa Itu Husbando Foto: YouTube/Max Anime
Sinichi Kudo adalah karakter dari anime lawas Detective Conan. Selain tampan, ia juga memiliki kemampuan luar biasa sebagai detektif dan jago bermain sepak bola.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, suatu tragedi membuat Sinichi Kudo terjebak dalam tubuh kecil yang bernama Conan Edogawa. Meski kehilangan sosoknya yang dewasa, Sinichi tetap aktif memecahkan berbagai kasus lewat tubuh Conan.
2. Sasuke Uchiha
Ilustrasi Apa Itu Husbando Foto: YouTube/Vamerlax
Sasuke Uchiha menjadi salah satu karakter pria yang paling disukai para wanita. Sifat dingin dan paras rupawan menjadi daya tarik karakter ini. Selain itu, Sasuke juga memiliki mata luar biasa dan jurus yang mematikan.
3. Kuroko Tetsuya
Ilustrasi Apa Itu Husbando Foto: YouTube/AMV Wattpad Trailer Creator
Karakter yang berasal dari anime Kuroko no Basket ini memiliki wajah tampan dan kemampuan basket yang luar biasa. Sifat polos yang ditunjukkannya berhasil memikat para wibu perempuan.
4. Uzumaki Naruto
Ilustrasi Apa Itu Husbando Foto: YouTube/Fomica Films
Berbeda dengan Uchiha Sasuke, Uzumaki Naruto justru memiliki sifat ceria dan bersemangat. Selain itu, dia juga memiliki semangat juang yang tinggi. Hal inilah yang membuat sosoknya menarik di mata para otaku perempuan.
ADVERTISEMENT
(GTT)