4 Rekomendasi Deterjen Ramah Lingkungan yang Aman Digunakan

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
22 November 2022 15:07 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi deterjen ramah lingkungan. Foto: turk_stock_photographer/Getty Images
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi deterjen ramah lingkungan. Foto: turk_stock_photographer/Getty Images
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Deterjen merupakan campuran berbagai bahan yang digunakan untuk membersihkan pakaian, sepatu, dan sebagainya. Dibandingkan sabun, deterjen memiliki daya cuci yang lebih baik dan tidak terpengaruh oleh kandungan mineral-mineral tertentu di dalam air.
ADVERTISEMENT
Komposisi deterjen umumnya terdiri dari bahan-bahan turunan minyak bumi berpotensi memberikan dampak negatif bagi manusia maupun lingkungan. Misalnya, kandungan surfaktan yang menyebabkan permukaan kulit menjadi kasar dan meracuni biota air karena sulit terurai di alam.
Untuk mengantisipasinya, Anda dapat beralih ke deterjen ramah lingkungan. Mengutip buku International Marketing tulisan Philip R. Cateora dan John L. Graham, deterjen yang diformulasikan ramah lingkungan dan non-polutif lebih mudah terurai jika dibuang sehingga jauh lebih aman digunakan.
Deterjen ramah lingkungan dapat dikenali dengan busanya yang lebih sedikit dan mudah dibilas. Selain itu, deterjen ini juga memiliki kandungan fosfat dan natrium hidroksida (NaOH) yang lebih rendah daripada deterjen biasa.
Nah, bagi yang ingin beralih ke produk eco-friendly untuk mengurangi limbah lingkungan, beberapa rekomendasi deterjen ramah lingkungan di bawah ini bisa menjadi pilihan.
ADVERTISEMENT

Rekomendasi Deterjen Ramah Lingkungan

Ilustrasi deterjen bubuk. Foto: Kwangmoozaa/Getty Images

1. Purefyl Natural Laundry Soap

Rekomendasi deterjen ramah lingkungan pertama datang dari Purefyl, brand produk perawatan rumah tangga yang ramah lingkungan dan sudah diakui Kementerian Kesehatan.
Purefyl Natural Laundry Soap mengandung bahan alami yang terbuat dari tumbuhan, mineral, dan air, tanpa SLS, paraben, EDTA, pewarna, serta bahan kimia berbahaya lainnya.
Sabun ini memiliki pH yang seimbang sehingga aman bagi kulit sensitif. Tak hanya itu, produk ini juga dapat diisi ulang sehingga bisa mengurangi sampah plastik.
Deterjen ramah lingkungan dari Purefyl tersedia dalam dua ukuran, yakni 500 ml dan 1 kg. Bagi yang tertarik membelinya, produk ini bisa didapatkan seharga Rp50 ribu - Rp100 ribu melalui Shopee, Tokopedia, maupun official website Purefyl.
ADVERTISEMENT

2. Green Wash Detergent

Menurut klaimnya, Green Wash mengandung bahan baku yang eco-friendly sehingga limbah deterjen dapat terurai dengan baik di dalam tanah. Tak perlu ragu, deterjen ramah lingkungan produksi Halal Network Indonesia ini juga menghasilkan busa yang lebih sedikit dan cocok dipakai untuk mesin cuci tipe apa pun.
Bukan hanya ramah lingkungan, Green Wash diklaim efektif membersihkan noda, mengangkat kotoran hingga ke serat kain, mencerahkan warna pakaian, mencegah kotoran yang sudah lepas menempel kembali, serta mencegah dan melindungi komponen bahan logam dalam mesin cuci dari karatan.
Ilustrasi deterjen ramah lingkungan. Foto: Dok. Freepik

3. Puro Premium Detergent Liquid

Sesuai namanya, Puro Premium Detergent Liquid merupakan deterjen berbentuk cair. Produk ini bersifat low foam alias rendah busa dan mudah mengangkat kotoran.
Cukup teteskan 5 ml Puro Premium Detergent Liquid untuk setiap kilogram pakaian kotor yang hendak dicuci. Usahakan untuk mencucinya dengan air hangat, bukan air dingin atau air panas. Setelah mencuci, gunakan Puro Premium Softener untuk hasil yang lebih maksimal.
ADVERTISEMENT
Puro Premium Detergent Liquid dibanderol seharga Rp24 ribu untuk ukuran 1 liter. Sedangkan, untuk ukuran 5 liter, Anda dapat membelinya dengan harga Rp87,5 ribu.

4. Ivly Nature Baby Laundry Detergent

Bagi yang sedang mencari deterjen ramah lingkungan untuk pakaian anak, Ivly Nature Baby Laundry Detergent bisa dijadikan pilihan. Deterjen ini diformulasikan khusus untuk membersihkan noda membandel pada pakaian hingga bersih, halus, dan cerah.
Terbuat dari 100% tumbuh-tumbuhan dengan wangi bebas 26 allergen, Ivly Nature Baby Laundry Detergent aman dan nyaman digunakan untuk kulit bayi yang sensitif.
Bahan dasar premium yang diekstrak secara natural dari tumbuhan berguna untuk membersihkan kotoran yang menempel pada pakaian dengan wangi yang menenangkan, Dengan menggunakannya, pakaian si kecil akan bebas dari residu setelah pencucian.
ADVERTISEMENT
Ada empat varian Ivly Nature Baby Laundry Detergent yang dapat dipilih, yakni Oatmeal & White Tea, Lotus Flower & Bamboo, dan Tiare Flower & VCO. Produk ini bisa didapatkan dengan harga Rp79 ribu - Rp88 ribu.
(ADS)