4 Fakta Menarik Jelang Lyon vs Juventus di Liga Champions

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
26 Februari 2020 13:26 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, saat menjalani pertandingan melawan SPAL Foto: Alberto Lingria
zoom-in-whitePerbesar
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, saat menjalani pertandingan melawan SPAL Foto: Alberto Lingria
ADVERTISEMENT
Babak 16 besar Liga Champions musim 2019/20 akan mempertemukan Olympique Lyon dan Juventus pada Kamis (27/2) pukul 03.00 WIB. Laga ini akan dilangsungkan di Groupama Stadium, markas Lyon.
ADVERTISEMENT
Lyon melaju ke fase gugur setelah menjadi runner up Grup G, di bawah RB Leipzig. Mereka mengumpulkan delapan poin dan itu sudah cukup untuk mengantarkan mereka melaju ke babak 16 besar. Sementara Bianconeri lolos ke 16 besar sebagai juara Grup D dengan 16 poin.
Jelang laga ini, Pelatih Lyon, Rudi Garcia, mengatakan tidak ada strategi khusus dalam mengawal mega bintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Menurutnya, La Vecchia Signora adalah tim bagus yang mempunyai banyak pemain berkualitas di setiap lini.
“Dia jelas salah satu pemain terbaik di dunia. Karena itu, senang untuk bisa melihatnya beraksi melawan kami, bahkan jika kami harus mencoba membatasi ancaman yang biasanya ia ciptakan,” ujar Garcia dikutip dari Sky Sport.
ADVERTISEMENT
“Tapi kita tidak bisa hanya membuat rencana untuk melawan Ronaldo. Kita juga perlu rencana untuk melawan Dybala dan Higuain. Ada terlalu banyak pemain bagus di tim ini untuk menghadapi masalah secara individu, kita harus menghadapi mereka secara keseluruhan,” tambahnya.
Selain itu, ada beberapa fakta menarik jelang pertandingan leg pertama ini. Berikut penjabarannya:

Lyon tak Pernah Menang

Di kompetisi Eropa, Lyon tidak pernah menang melawan Juventus. Mereka menelan tiga kekalahan dan satu laga lainnya berakhir imbang.

Lyon Wakil Ligue 1 yang Sering Lolos

Lyon telah mencapai fase gugur Liga Champions lebih dari klub Perancis lainnya, yaitu sebanyak 11 kali. Namun, sudah 10 tahun berlalu sejak terakhir mereka melaju ke babak 16 besar.
ADVERTISEMENT

Selalu Kalah dari Wakil Italia

Lyon selalu tersingkir di fase gugur saat berjumpa wakil dari Liga Italia pada dua kesempatan terakhir. Pada musim 2005/2006, mereka didepak AC Milan di perempat final dengan agregat 3-1. Lalu di musim 2006/2007, mereka kembali disingkirkan AS Roma dengan agregat 2-0.

Juventus Lolos ke Fase Gugur 6 Musim Beruntun

Bianconeri melaju ke fase gugur Liga Champions untuk kali keenam secara berturut-turut. Ini merupakan rekor terpanjang dalam sejarah mereka. Dalam lima kesempatan terakhir, mereka lolos dari babak 16 besar sebanyak empat kali. Mereka hanya gagal di musim 2015/2016 saat ditendang Bayern Munchen.