10 Soal Matematika Kelas 7 Semester 1 dan 2 beserta Pembahasannya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
3 Oktober 2022 18:37 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi soal matematika. Foto: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi soal matematika. Foto: pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang banyak membahas tentang angka-angka. Pelajaran ini memiliki rumus yang rumit guna melatih kemampuan siswa dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah.
ADVERTISEMENT
Di tingkat SMP, pelajaran matematika membahas materi yang cukup kompleks. Pada tingkatan awal, siswa akan mempelajari tentang data dan peluang, pola dan barisan bilangan, aljabar, serta transformasi geometri.
Materi yang diajarkan umumnya disesuaikan dengan standar internasional yang berlaku. Untuk memahaminya, siswa bisa melakukan latihan soal dan mengerjakan beberapa tes.
Ada banyak soal matematika kelas 7 yang bisa Anda kerjakan di rumah sebagai latihan. Apa saja? Simak ragamnya dalam artikel berikut ini.

Kumpulan Soal Matematika Kelas 7 beserta Jawabannya

Seperti disebutkan sebelumnya, pelajaran matematika kelas 7 memuat banyak materi dan pembahasan. Dirangkum dari buku Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1 dan 2 Abdur Rahman, dkk., berikut contoh soalnya yang bisa Anda kerjakan.
Ilustrasi soal matematika. Foto: pixabay

Soal 1

ADVERTISEMENT
Pak Yogi berencana menjual rumahnya karena akan ditinggalkan pergi ke luar negeri. Penawar pertama menawar harga rumah Pak Yogi dengan harga Rp250.000.000,00. Sedangkan penawar kedua menawar harga rumah Pak Yogi dengan harga Rp260.000.000,00. Jika Pak Yogi ingin menjual dengan harga setinggi mungkin, maka penawar yang manakah yang seharusnya diterima oleh Pak Yogi?
Jawaban:
Untuk membandingkan kedua harga yang ditawarkan oleh kedua penawar tersebut, kita bisa melihat angka-angka penyusun bilangan tersebut. Pada posisi ratus ribuan nilai angka 6 lebih dari nilai angka 5. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa 260.000.000 lebih besar dari 250.000.000. Jadi, penawar yang seharusnya diterima oleh Pak Yogi adalah penawar kedua.

Soal 2

Suatu gedung tersusun atas 5 lantai. Jika tinggi satu lantai gedung adalah 6 meter, tentukan tinggi gedung tersebut (tanpa atap).
ADVERTISEMENT
Jawaban:
Permasalahan tersebut dapat disajikan dalam bentuk perkalian 5 × 6 = 6 + 6 + 6 + 6 + 6 = 30 Jadi tinggi gedung tersebut adalah 30 meter.

Soal 3

Endang adalah anak yang rajin menabung. Tiap akhir bulan dia selalu menabung Rp500.000,00. Jika Endang menabung selama 7 bulan secara berturut-turut, tentukan banyak tabungan Endang dalam 7 bulan tersebut. (potongan dan bunga bank diabaikan)
Jawaban:
Permasalahan tersebut dapat disajikan dalam bentuk perkalian
7 × 500.000 = 500.000 + 500.000 + 500.000 + 500.000 + 500.000 + 500.000 + 500.000 = 3.500.000

Soal 4

Tentukan himpunan semesta dari tiga himpunan berikut
A = {ayam, kambing, kucing}
B = {hiu, paus, lumba-lumba}
C = {merpati, elang, burung}
ADVERTISEMENT
Jawaban:
Himpunan A adalah nama-nama hewan yang hidup di air, himpunan B adalah namanama hewan yang bisa terbang, dan himpunan C adalah nama-nama hewan yang hidup di air.
Himpunan semesta dari ketiga himpunan tersebut adalah himpunan yang memuat semua unsur dari himpunan A, B, dan C. Dengan demikian himpunan semestanya adalah nama hewan. Jadi himpunan semestanya adalah S = {nama hewan}

Soal 5

Diberikan himpunan A = {1, 3, 5}, Tentukan himpunan-himpunan yang merupakan himpunan bagian dari A.
Jawaban:
Himpunan-himpunan yang merupakan himpunan bagian dari A adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Jadi, himpunan yang anggotanya himpunan-himpunan bagian dari A adalah {{ }, {1}, {3}, {5}, {1, 3}, {1, 5}, {3, 5}, {1, 3, 5}}
Berdasarkan contoh tersebut, dapar disimpulkan bahwa Himpunan Kuasa himpunan A adalah himpunan-himpunan bagian dari A, dilambangkan dengan P(A). Banyak anggota himpunan kuasa dari himpunan A dilambangkan dengan n(P(A)).
Ilustrasi soal matematika. Foto: pixabay

Soal 6

Misalkan S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} dan A= {1, 3, 5, 7}. Tentukan Ac
Jawaban:
Komplemen dari A adalah anggota himpunan S yang bukan anggota himpunan A, yaitu Ac ={2, 4, 6}.

Soal 7

Nia mempunyai 6 pasang sepatu di rumahnya. Karena sedang senang hati, Nia memberikan 2 pasang sepatunya kepada sepupunya. Berapakah pasang sepatu yang dimiliki Nia sekarang?
ADVERTISEMENT
Jawaban:
Bentuk dari soal tersebut adalah 6 − 2 = ...
Awalnya Nia memiliki 6 pasang sepatu, maka bergerak dari titik nol ke kanan 6 satuan. Karena dikurang 2 pasang sepatu, berarti panah berbalik arah ke kiri 2 satuan. Sehingga, hasil akhirnya adalah 4.

Soal 8

Tentukan himpunan semesta yang mungkin dari A = {1, 3, 5, 7 }
Jawaban:
Himpunan Semesta yang mungkin dari himpunan A adalah

Soal 9

Diberikan himpunan A = {1, 3, 5}. Berapa banyak semua himpunan bagian dari himpunan A dan sebutkan?
ADVERTISEMENT
Jawaban:
Himpunan-himpunan yang merupakan himpunan bagian dari A adalah sebagai berikut.
Jadi, banyaknya himpunan bagian dari A adalah 6.

Soal 10

Sederhanakan bentuk aljabar 4x + 9 – 5x – 2
Jawaban:
Kelompokkan suku-suku sejenis terlebih dahulu
4x + 9 – 5x – 2= 4x – 5x + 9 – 2 = (4 – 5)x + 7 = –1x + 7 –1x
Selanjutnya, boleh hanya ditulis dengan –x, demikian juga 1x boleh hanya ditulis dengan x. Dengan demikian, bentuk sederhana dari 4x + 9 – 5x – 2 adalah –x + 7.
ADVERTISEMENT
(MSD)