Sayed Asseggaf, Sang Pengganti yang Melaju di Pemilihan Umum 2019

Konten dari Pengguna
11 Desember 2018 16:49 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari berita caleg tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sayed Asseggaf, Sang Pengganti yang Melaju di Pemilihan Umum 2019
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sayed Abubakar A. Asseggaf (Foto: Instagram @sayedasseggaf)
Pada Pemilihan Umum 2019, Sayed Abubakar A. Assegaf akan mencalonkan diri kembali sebagai anggota DPR RI. Sayed akan mewakili Partai Demokrat di Dapil Riau I. Saat ini, Sayed menjabat sebagai anggota DPR RI Komisi VII yang membawahi bidang energi, riset & teknologi, serta lingkungan hidup.
ADVERTISEMENT
Sayed tercatat tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Namun hal itu tidak menghalangi dirinya. Ia adalah direktur PT. Salsaggaf Bross dan komisaris PT. Putra Ria Sejati. Ia juga terlibat aktif dalam dunia politik dengan menjadi anggota tim pemenangan SBY di Riau pada Pemilu 2004 dan 2009.
Pria kelahiran Pekanbaru, 3 Juli 1974 ini aktif dalam berbagai organisasi di tanah kelahirannya. Ia pernah menjadi anggota Kwarda Gerakan Pramuka Riau, Purna Paskibraka Riau, Lembaga Adat Melayu Riau, serta beberapa organisasi lainnya.
Sebelum menduduki posisinya di Komisi VII, Sayed bertugas di Komisi III yang membawahi hukum, HAM, dan keamanan. Ia ditempatkan di komisi tersebut pada awal tahun 2016 berdasarkan prosedur Pengganti Antar Waktu (PAW) untuk menggantikan Mukhniarti Basko yang meninggal dunia akibat penyakit kanker.
ADVERTISEMENT
Menurut data KPU, terdapat 7.968 calon legislatif (caleg) yang akan memperebutkan kursi DPR RI di tahun 2019 mendatang. Jumlah tersebut meliputi 4.774 caleg laki-laki, dan 3.194 caleg perempuan.
Pemilihan Umum 2019 sendiri rencananya akan digelar serentak pada 17 April 2019 mendatang. Masa kampanye pemilu pun sudah berlangsung sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019.