Piala Gubernur Jatim 2020: Prediksi Laga Final Persebaya vs Persija

Konten dari Pengguna
20 Februari 2020 11:45 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bola tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Selebrasi pemain Persija Jakarta usai mencetak gol pada pertandingan Piala Gubernur Jawa Timur di Stadion Kanjuruhan, Malang. Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
zoom-in-whitePerbesar
Selebrasi pemain Persija Jakarta usai mencetak gol pada pertandingan Piala Gubernur Jawa Timur di Stadion Kanjuruhan, Malang. Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
ADVERTISEMENT
Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta akhirnya jadi dua tim yang dipertemukan di babak final Piala Gubernur Jatim 2020. Laga tersebut bakal berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2) pukul 19.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Persija berhasil menumbangkan Madura United di babak semifinal dengan skor tipis 2-1. Sementara sehari setelahnya, laga Derbi Jawa Timur yang berlangsung dramatis harus diakhiri dengan kemenangan Persebaya 4-2 atas Arema FC.
Kini skuad asuhan Aji Santoso pun dalam kepercayaan diri tinggi. Terlebih, setelah sebelumnya bermain tanpa penonton, di laga nanti Bonek sudah diperbolehkan memadati stadion dengan catatan bisa tertib.
Namun, sadar bakal menghadapi lawan yang diperkuat pemain bintang, Aji tak mau jemawa. Dirinya pun meminta agar anak asuhnya bermain maksimal, kemudian optimis laga bakal berlangsung sengit.
“Kita akan berusaha bermain maksimal dan memenangkan pertandingan,” mantan pelatih Arema FC tersebut.
“Kalau segi dukungan memang iya kita diuntungkan. Tapi jangan lupa, main tuan rumah belum jaminan bisa menang,” lanjut Aji Santoso.
Persija vs Persebaya (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Sementara dari Persija, Sergio Farias yakin tim lawan bakal membuat mereka kesulitan. Selain main di depan publik sendiri, Bajul Ijo juga diketahui diperkuat pemain bintang seperti Makan Konate dan David da Silva.
ADVERTISEMENT
“Dalam final, kualitas teknik dan kekuatan mental sangat penting. Para pemain kami telah dipersiapkan untuk itu,” kata Farias dilansir situs resmi klub.
“Kami mencapai final dengan keyakinan tinggi dan siap untuk memenangkan pertandingan. Kami berusaha memberikan piala kepada para pendukung,” lanjut pelatih klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut.
Jelang laga Persebaya Surabaya menghadapi Persija Jakarta di final Piala Gubernur Jatim, berikut rekor pertemuan, prediksi susunan pemain, hingga prediksi laga yang bisa disimak terlebih dahulu:

Rekor pertemuan kedua tim

Prediksi susunan pemain

Persebaya Surabaya (4-2-3-1)
Pelatih: Aji Santoso
Rivki Mokodompit (kiper); Abu Rizal Maulana, Zoubairou Garba, Arif Satriya, Nasir (bek); Muhammad Hidayat, Aryn Williams (pivot); Patrich Wanggai, Makan Konate, Irfan Jaya (gelandang); David da Silva (penyerang).
ADVERTISEMENT
Persija Jakarta (4-3-3)
Pelatih: Sergio Farias
Shahar Ginanjar (kiper); Marco Motta, Otavio Dutra, Ryuji Utomo, Alfath Fathier (bek); Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Evan Dimas (gelandang); Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan (penyerang).

Prediksi laga

Selangkah lagi menuju trofi, Persebaya dan Persija tentu bakal bermain semaksimal mungkin. Meski beberapa pemain harus absen, kedua tim masih memungkinkan untuk turun dengan formasi yang bagus.
Punya kualitas tim yang cenderung sama bagusnya, kini yang jadi pembeda keduanya bisa dibilang merupakan faktor non teknis, yakni kekompakan tim dan mental di atas lapangan.
Adapun laga diprediksikan berakhir imbang 2-2 di waktu normal, tapi Persebaya yang mendapat keuntungan bermain di depan publik sendiri lebih diunggulkan dalam adu penalti. (bob)
ADVERTISEMENT