Laga Lyon vs Juventus Diduga Jadi Penyebab Munculnya Virus Corona di Prancis

Konten dari Pengguna
4 April 2020 13:31 WIB
Tulisan dari Berita Bola tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Aksi Paulo Dybala saat Juventus melawan Lyon di Liga Champions. Foto: Eric /REUTERS
Aksi Paulo Dybala saat Juventus melawan Lyon di Liga Champions. Foto: Eric Gaillard/REUTERS
ADVERTISEMENT

Laga Olympique Lyonnais menghadapi Juventus pada leg pertama babak 16 Liga Champions diduga jadi sebab munculnya virus corona di Prancis. Dikatakan, virus tersebut datang melalui suporter I Bianconeri yang datang dari seluruh penjuru Italia.

ADVERTISEMENT

Mengutip dari Football Italia, L’Equipe mengklaim laga saat Lyon menang dengan skor 1-0 atas Juventus di Parc Olympique Lyonnais tersebut punya peran penting dalam penyebaran virus corona di Prancis.

“Laga leg pertama babak 16 besar pada 26 Februari dan masuknya para suporter dari Italia kemungkinan jadi penyebar COVID-19 di Rhone,” tulis L’Equipe.

Adapun menurut Marcel Garrigou-Grandchamp, seorang pensiunan dokter, laga antara Les Gones menghadapi I Bianconeri tersebut seharusnya tidak dimainkan. Pasalnya, kala itu virus corona tengah berkembang di Italia.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi Serie A di tengah wabah corona. Foto: Reuters/Massimo Pinca

Masih menurut Garrigou-Grandchamp, meski kala itu Piemonte masih aman dari virus corona, klub sebesar Si Nyonya Tua tentu akan membawa suporter yang datang dari luar wilayah mereka, termasuk dari Lombardi yang jadi tempat terparah.

ADVERTISEMENT

“Laga seharusnya tidak dimainkan, itu membawa para pendukung dari berbagai wilayah Italia ke Lyon, tak hanya dari Piemonte, yang di mana bukan area berisiko,” ungkap Garrigou-Grandchamp.

Laporan L’Equipe itu bukan tanpa alasan. Media asal Prancis tersebut memberi penilaian berdasarkan pernyataan wakil WHO, Walter Ricciardi, yang menyebutkan laga Atalanta menghadapi Valencia punya andil dalam penyebaran virus corona di Spanyol dan Italia.

Sementara itu, media Prancis lainnya, Le Parisien, juga menyoroti pertandingan antara Paris Saint-Germain menghadapi Borussia Dortmund di leg kedua Liga Champions 2020. Kala itu, ribuan fans diketahui memadati lingkungan luar Parc des Princes. (bob)