Cara Tak Lazim Klub Liga Afrika Selatan Mengulur Waktu Lewat Sepakan Pojok

Konten dari Pengguna
25 Februari 2020 17:24 WIB
Tulisan dari Berita Bola tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

  . (Foto: @Sundownsfc/Instagram)
Skuad Mamelodi Sundowns. (Foto: @Sundownsfc/Instagram)
ADVERTISEMENT

Mengulur waktu di sebuah pertandingan sepak bola merupakan hal yang biasa. Terlebih bila unggul ketika bertemu dengan lawan kuat, kemudian waktu menyisakan beberapa menit saja. Namun, klub Liga Afrika menemukan cara mengulur waktu yang unik dan tak lazim.

ADVERTISEMENT

Pada laga Mamelodi Sundowns menjamu Bloem Celtic, tuan rumah diduga melakukan tindakan mengulur waktu ketika timnya dalam keadaan unggul 2-1. Mendapat sepakan pojok di menit ke-81, Mamelodi Sundowns baru menendangnya di menit ke-86.

Dilansir dari SportBible, dalam lima menit waktu yang terbuang tersebut, tiga pemain Sundowns diberikan kartu kuning oleh wasit karena tak kunjung mengambil sepakan pojok.

Sibuk mengatur posisi bola, kemudian mundur memasang ancang-ancang, tapi bola tak kunjung ditendang. Hal tersebut dilakukan bergantian hingga tiga pemain: Gaston Sirino, Sibusiso Vilakazi, dan Hlompho Kekana mendapat kartu kuning.

Sampai pada nama terakhir diperlihatkan kartu kuning oleh wasit, giliran pelatih yang mengulur waktu dengan melakukan pergantian pemain. Kekana pun digantikan Samuel Mabunda, sebelum akhirnya bola benar-benar ditendang.

ADVERTISEMENT

Adapun di laga tersebut, Sibusiso Vilakazi mencetak gol pertama yang membuat tuan rumah unggul. Ndumiso Mabena kemudian menyamakan kedudukan buat Celtic, sebelum akhirnya Hlompho Kekana kembali membuat tuan rumah unggul, mengakhiri laga dengan skor 2-1.

Dua musim terakhir, diketahui Sundowns berhasil menjuarai Liga Afrika Selatan. Namun, musim ini mereka terancam gagal mempertahankan gelar, bersaing ketat dengan Kaizer Chiefs di puncak klasemen.

Kemenangan pun jadi hasil yang krusial buat Sundowns. Karena itulah diduga Sundowns jadi melakukan buang-buang waktu di laga kontra Bloem Celtic, dan akhirnya menuai tiga angka meski harus mendapat tiga kartu kuning secara konyol. (bob)

1582625575718716765
Bagikan: