5 Pemain Terbaik Arsenal Saat Menang 1-0 atas Olympiacos

Konten dari Pengguna
21 Februari 2020 13:38 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bola tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Youssef El-Arabi vs Matteo Guendouzi. Foto: REUTERS/Alkis Konstantinidis
zoom-in-whitePerbesar
Youssef El-Arabi vs Matteo Guendouzi. Foto: REUTERS/Alkis Konstantinidis
ADVERTISEMENT
Arsenal sukses menang kala bertandang ke markas Olympiacos di babak 32 besar Liga Europa musim 2019/20. Memainkan leg pertama di Stadion Karaiskakis, Jumat (21/2) dini hari WIB, The Gunners menang tipis 1-0 atas Thrylos.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya Arsenal kerap kesulitan bertandang ke markas Olympiacos. Dari empat pertemuan di Yunani, klub asal London Utara tersebut cuma menang sekali, sisanya menelan kekalahan.
Terbukti, di laga tersebut Arsenal kepayahan menunggu gol hingga menit-menit akhir. Adapun Alexandre Lacazette jadi pencetak gol tunggal di laga itu, yakni pada menit ke-81.
Kemenangan tersebut bakal membuat Arsenal diunggulkan untuk lolos ke babak kedua fase gugur Liga Europa. Bila berhasil, The Gunners bakal memperpanjang rekor bagus lolos 11 dari 12 laga dengan dua leg di Liga Europa.
Terlebih, motivasi tinggi untuk menjuarai kompetisi tersebut jelas dimiliki skuad arahan Mikel Arteta. Pasalnya, hal tersebut dilakukan Arsenal demi punya alternatif untuk lolos ke Liga Champions musim depan.
ADVERTISEMENT
Berangkat dari kemenangan tipis 1-0 Arsenal atas Olympiacos, berikut lima pemain yang tampil gemilang di laga tersebut.

1. Alexandre Lacazette

Setelah pada akhir pekan lalu mengakhiri puasa gol menghadapi Newcastle, Alexandre Lacazette kembali mencatatkan angka. Kali ini bahkan merupakan skor krusial, mengingat laga berakhir 1-0.
Sejatinya Lacazette bermain kurang impresif sepanjang laga. Paling mencolok ketika di babak pertama, tendangan penyerang asal Prancis tersebut malah membentur mistar. Meski begitu, tak menghapus fakta gol kemenangannya di menit akhir begitu penting.

2. David Luiz

Dari yang sebelumnya tak konsisten dan kerap blunder, David Luiz kian membaik di bawah arahan Arteta. Bek asal Brasil tersebut berperan sebagai pemimpin di lini belakang, memberi arahan dengan baik kepada rekan-rekannya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya solid dalam bertahan, Luiz juga impresif berkontribusi dalam membangun serangan dari belakang. Pemain berusia 32 tahun tersebut sukses mencatatkan 49 umpan berhasil, dengan tingkat akurasi mencapai 87,5 persen.

3. Shkodran Mustafi

Tak hanya David Luiz, Shkodran Mustafi pun semakin bersinar di bawah arahan Arteta. Bek yang sebelumnya kerap jadi alasan Arsenal meraih hasil buruk, kini justru jadi salah satu sosok paling penting di lini belakang.
Sama dengan kompatriotnya, Mustafi juga berperan sebagai pembangun serangan dari belakang. Total 68 umpan berhasil, tingkat akurasinya mencapai 88,3 persen. Dirinya pun sukses mencatatkan 3 sapuan, 3 tekel, 2 intersep, dan menang 10 dari total 13 duel.

4. Bukayo Saka

Meski bukan penampilan terbaiknya, Bukayo Saka tetap tampil membahayakan di sisi kiri Arsenal, mencatat 3 dribel sukses. Pemain yang ditempatkan di posisi bek kiri itu bahkan sukses mencatatkan asis kepada Lacazette, jadi yang kesembilan di kompetisi tersebut.
ADVERTISEMENT
Tak hanya impresif ketika membantu penyerangan, Saka juga tak buruk kala bertahan. Pemain berusia 18 tahun tersebut menang tiga dari empat duel darat, melakukan tiga intersep, dan sekali mencatat sapuan.

5. Bernd Leno

Bernd Leno, kiper Arsenal. Foto: REUTERS/Andrew Yates
Tak heran bila Bernd Leno disebut pemain terbaik Arsenal di laga tersebut. Kiper asal Jerman tersebut tampil impresif untuk menjaga gawang tetap clean sheet. Beberapa kali dirinya juga melakukan penyelamatan dramatis.
Kiper berusia 27 tahun tersebut mencatatkan tiga penyelamatan, satu diantaranya di wilayah kotak penalti. Peran Leno jelas begitu krusial, mengingat hasil laga akan berbeda bila dua peluang emas dari Valbuena tak diselamatkan dengan gemilang. (bob)