5 Fakta Usai Napoli dan Barcelona Bermain Imbang 1-1 di Liga Champions

Konten dari Pengguna
26 Februari 2020 14:51 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bola tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Lorenzo Insigne dan Lionel Messi bertukar jersi. Foto: REUTERS/Ciro De Luca
zoom-in-whitePerbesar
Lorenzo Insigne dan Lionel Messi bertukar jersi. Foto: REUTERS/Ciro De Luca
ADVERTISEMENT
Napoli dan Barcelona mengakhiri laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019/20 dengan hasil imbang. Bermain di Stadion San Paolo, Rabu (26/2/2020) dini hari WIB, skor berakhir 1-1 untuk Partenopei dan Blaugrana.
ADVERTISEMENT
Memainkan formasi 4-1-4-1, Napoli meski tanpa bek andalan mereka Kalidou Koulibaly. Alhasil, lini pertahanan diisi oleh Kostas Manolas dan Nikola Maksimovic sebagai pengganti bek asal Senegal tersebut.
Sementara Luis Suarez yang masih absen membuat Barcelona yang menggunakan skema 4-3-3 tak memainkan penyerang murni, mengandalkan Antoine Griezmann, Lionel Messi, dan Arturo Vidal di depan.
Skor pada akhirnya berakhir imbang di laga tersebut. Dari Napoli, ada Dries Mertens sebagai pencetak gol di menit ke-30. Sedangkan Blaugrana membalas via Antoine Griezmann pada menit 57.
Hasil tersebut bakal membuat Barcelona lebih diuntungkan pada leg kedua nanti. Pasalnya, selain bakal tampil di Camp Nou, Barca juga unggul gol tandang. Sementara Napoli disebut akan kesulitan, tapi setidaknya Koulibaly diprediksi sudah bisa membela tim.
ADVERTISEMENT
Berangkat dari hasil laga tersebut, berikut lima rekor yang tercipta usai Napoli dan Barcelona bermain imbang 1-1 di babak 16 besar Liga Champions.

1. Debut Setien di Liga Champions

Pelatih Barcelona, Quique Setien. Foto: LLUIS GENE / AFP
Lolos dari fase grup Liga Champions bersama Ernesto Valverde, kini Barcelona baru menjalani debutnya di kompetisi paling bergengsi di benua biru tersebut dengan Quique Setien.
Sayangnya, debut Barcelona bersama Setien tak berjalan mulus dengan hasil imbang 1-1. Konon, eks pelatih Real Betis itu jadi manajer pertama Barca yang gagal raih kemenangan di laga debut sejak Louis van Gaal pada September 1997, kalah dari Newcastle 3-2.

2. Barcelona tak menang di enam laga tandang kontra klub Serie A

Antoine Griezmann mencetak gol di laga Napoli vs Barcelona. Foto: REUTERS/Ciro De Luca
Barcelona melanjutkan rekor buruk mereka kala bertandang ke markas klub Serie A, yakni tak pernah menang di enam kesempatan terakhir, imbang dua dan kalah empat kali.
ADVERTISEMENT
Terakhir kali Barca menang tandang kontra tim dari Italia di Liga Champions yakni April 2006, menghadapi AC Milan dengan skor 1-0. Kala itu Gennaro Gattuso yang notabene pelatih Napoli sekarang jadi salah satu pemain yang membela I Rossoneri.

3. Barca lolos 19 kali ketika tak kalah tandang di leg pertama

Antoine Griezmann mencetak gol ke gawang Napoli. Foto: REUTERS/Ciro De Luca
Hasil imbang di laga kontra Napoli memang mengkhawatirkan buat Barcelona. Namun, Barca punya catatan bagus ketika berhasil menghindari kekalahan pada laga tandang di leg pertama.
Tercatat sudah 19 kali Blaugrana lolos dari babak 16 besar Liga Champions, usai sebelumnya menghindari kekalahan di leg pertama pada laga tandang. Mampukan Barcelona membuatnya jadi 20 kali?

4. Napoli tak pernah lolos dari babak 16 besar sejak 2012

Laga Napoli vs Barcelona di babak 16 besar Liga Champions 2019/20. Foto: REUTERS/Ciro De Luca
Sejak pertama kalinya menang di fase gugur Liga Champions, pada musim 2011/12 menghadapi Chelsea dengan agregat 3-1, Napoli tak pernah lolos dari babak 16 besar.
ADVERTISEMENT
Tercatat pula Napoli tak pernah menang di empat laga fase gugur terakhir, kalah tiga dan imbang sekali. Adapun tiga dari empat laga tersebut menghadapi klub asal Spanyol.

5. Barcelona menang 1 dari 9 laga tandang terakhir di Liga Champions

Bek Barcelona, Gerard Pique, berduel udara dengan pemain Napoli. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Melakoni partai tandang di Liga Champions, Barcelona tercatat cuma menang sekali di sembilan laga terakhir, imbang tiga dan kalah lima.
Satu-satunya kemenangan tersebut diraih Barcelona kalah menghadapi Manchester United pada April 2019 lalu. Blaugrana menang 0-1 di depan publik Old Trafford. (bob)