Resmi Jadi Mata Uang El Salvador, Harga Bitcoin Loncat

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
8 September 2021 11:49 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bitcoin. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bitcoin. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengumuman terkait resminya penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran di El Salvador membuat nilai bitcoin melonjak. El Salvador kini resmi menjadi negara pertama yang menggunakan Bitcoin sebagai mata uang nasional, Selasa (7/9).
ADVERTISEMENT
Sebelumnya pada hari Senin (6/9), Presiden Nayib Bukele mengumumkan bahwa El Salvador telah membeli 200 bitcoin pertamanya. Melalui Twitter, ia mengatakan berencana akan membeli lebih banyak lagi.
“Broker kami akan membeli lebih banyak saat tenggat waktu mendekat" cuitannya.
Kemudian hari itu juga, dia mengatakan, “Kami sekarang memegang 400 bitcoin."
Setelah pengunguman tersebut, bitcoin naik sebanyak 1,39 persen hingga mencapai angka USD 52.600. Bahkan menurut data Refinitiv Eikon dari analisis pasar Reuters, nilai tersebut berada di jalur kisaran USD 56.000-56.300.
El Salvador kembali menambah jumlah kepemilikan bitcoin sebanyak 150 di hari pertama penggunaannya. Sehingga kini negara tersebut memiliki 550 bitcoin.
Dua orang wanita sedang membeli di warung dekat pantai El Zonte di Chiltiupan, El Salvador. Foto: Reuters/Jose Cabezas
Ini menjadi sebuah langkah yang menurut Bukele populer dan berguna untuk menghemat komisi jutaan dolar AS yang dikirimkan ke warga Salvador yang tinggal di luar negeri. Meskipun penggunaan bitcoin di negara lain masih diperdebatkan.
ADVERTISEMENT
Mengutip Reuters, sebagian orang El Salvador masih skeptis tentang penggunaan bitcoin. Banyak orang berdemo dan waspada terhadap volatilitas mata uang digital itu. Menurut para kritikus, kebijakan ini dapat meningkatkan risiko bagi lembaga keuangan.
El Salvador kini memiliki dua jenis alat pembayaran yakni bitcoin dan dolar AS. Hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang yang menegaskan bitcoin sebagai alat pembayaran sah, maka seluruh pelaku ekonomi wajib menerima mata uang kripto tersebut.
Bahkan untuk melakukan pembayaran pajak, Bukele mengatakan sah untuk membayarnya dengan bitcoin. Warga El Salvador mau tak mau harus memiliki aplikasi Chivo Wallet yang dibuat pemerintah. Setiap warga yang mempromosikannya akan mendapatkan bitcoin senilai USD 30.