Cara Mengatasi Reversal BRI Sesuai Penyebabnya

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
30 November 2022 16:06 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mengatasi reversal BRI. Foto: BRI
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengatasi reversal BRI. Foto: BRI
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara mengatasi reversal BRI penting diketahui nasabah bank pelat merah ini. Pasalnya notifikasi reversal menyebabkan transaksi perbankan tidak dapat dilakukan.
ADVERTISEMENT
Notifikasi reversal dari BRI bisa ditemukan saat nasabah melakukan transaksi lewat mobile banking, internet banking, hingga SMS banking.
Lantas, apa itu reversal BRI? Untuk mengetahui arti, penyebab, dan cara mengatasi reversal BRI, silakan baca artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Transaksi Reversal BRI?

Bagi masyarakat awam pasti ingin mengetahui apa arti reversal yang kerap muncul di dunia perbankan. Dikutip dari buku Memahami Bisnis Bank Syariah karangan Ikatan Bankir Indonesia, arti reversal secara umum ialah aktivitas mengkredit kembali dana nasabah yang telah didebit.
Sementara, menurut layanan pelanggan BRI, notifikasi reversal BRI menunjukkan adanya kegagalan saat transaksi. Keadaan ini membuat saldo nasabah yang telah didebit akan dikembalikan ke rekening nasabah tersebut.
Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa reversal BRI adalah status transaksi gagal yang dibatalkan pihak BRI karena kendala tertentu. Selanjutnya, pihak bank akan mengembalikan saldo ke nasabah dengan nominal yang sama.
ADVERTISEMENT

Penyebab Reversal BRI

Ilustrasi cara mengatasi reversal BRI. Foto: BRI
Ketika transaksi gagal, pihak BRI biasanya langsung memberikan notifikasi ke nasabah, baik melalui SMS, email atau layanan e-banking yang digunakan. Lantas, apa saja penyebab munculnya pesan reversal dari BRI? Secara umum ada berbagai penyebab transaksi reversal BRI, berikut di antaranya:
Permasalahan seperti di atas dapat memicu transaksi BRI reversal. Lebih lanjut, Berita Bisnis akan menjabarkan cara mengatasi reversal BRI yang bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Reversal BRI

Ilustrasi cara mengatasi reversal BRI. Foto: Pexels
Setelah memahami arti dan penyebab transaksi reversal di BRI, lakukan tips di bawah untuk mengatasinya. Dikutip dari dari laman bankir.id, berikut cara mengatasi reversal BRI selengkapnya:
ADVERTISEMENT

1. Pastikan Jaringan Internet Stabil

Cara mengatasi reversal BRI yang pertama ialah dengan memastikan bahwa koneksi jaringan Internet stabil dan lancar. Pasalnya untuk mengakses layanan Mobile banking dan Internet Banking nasabah memerlukan jaringan Internet yang memadai.

2. Pastikan Nomor Rekening Tujuan Benar

Cara kedua ialah dengan memeriksa kembali nomor rekening tujuan transfer sudah benar. Jangan sampai salah saat memasukkan nomor rekening tujuan karena bisa memicu munculnya transaksi reversal BRI.

3. Pastikan Nomor Rekening Tujuan Aktif

Kemudian pastikan juga nomor rekening tujuan aktif dan tak terblokir. Kamu bisa mengonfirmasinya terlebih dulu ke pemilik rekening mengenai keaktifan nomor rekening tersebut. Pasalnya jika tidak aktif, dana gagal ditransfer dan akan dikembalikan ke rekening pengirim.

4. Tidak Melebihi Waktu Transaksi

Setiap bank memiliki ketentuan mengenai waktu transaksi yang dilakukan nasabahnya, termasuk BRI. Sebagai contoh saat transfer kamu hanya memiliki waktu dua menit. Jika lebih dari itu, transaksi akan diulang dari awal.
ADVERTISEMENT
Demikain cara mengatasi reversal BRI sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat!
(ZHR)