Cara Cek Tagihan PDAM Secara Online dan Offline

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
31 Januari 2022 8:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cek tagihan PDAM secara online. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cek tagihan PDAM secara online. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara cek tagihan PDAM bisa kamu lakukan secara online maupun offline. Memeriksa tagihan air bersih PDAM secara berkala penting agar pengguna terhindar dari denda dan bisa terus memanfaatkan layanannya.
ADVERTISEMENT
Setiap bulan, para pengguna layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) perlu membayar tagihan sesuai dengan yang didaftarkan di awal. Semakin banyak menggunakan air, tagihan akan semakin tinggi.

Cara Cek Tagihan PDAM Lewat Situs Web

Cara cek tagihan PDAM bisa kamu lakukan melalui situs resmi PDAM daerah tempat tinggal. Perusahaan air di setiap daerah bisa berbeda, maka dari itu situs webnya pun berbeda pula.
Apabila belum mengetahui nama perusahaan air di daerah tinggal, kamu mencarinya di kolom mesin pencarian Google dan mengetikkan kata kunci yang sesuai. Kamu akan menemukan situs web tertentu yang dikelola perusahan air di daerah tempat tinggal saat ini.
Selain cara tersebut, kamu juga bisa mengunjungi situs resmi Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) di perpamsi.or.id.
ADVERTISEMENT
Setelah masuk ke halaman situs web, pilih menu "Anggota". Lalu pilih menu "Anggota Biasa" dan pilih "Daftar Anggota". Selanjutnya, kamu bisa melihat daftar perusahaan air di berbagai daerah Indonesia.
Ilustrasi air PDAM. Foto: Pixabay
Setelah mengetahui situs web perusahaan air di daerah tempat tinggalmu, selanjutnya lakukan pengecekan tagihan air PDAM. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Cek Tagihan Air PDAM via ATM

Tagihan PDAM juga bisa kamu cek melalui ATM. Dengan cara ini, kamu bisa sekaligus membayar tagihan. Adapun langkah-langkah pengecekannya bisa berbeda, sesuai dengan bank yang digunakan.
Berikut ini langkah-langkah mengecek tagihan air PDAM apabila kamu menggunakan ATM BNI.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, informasi tagihan PAM bulanan akan muncul. Perlu diingat bahwa jika hanya ingin mengecek tagihan, jangan tekan pilihan "Ya" karena akan terhubung ke proses membayar tagihan.
(AMP)