Apa Itu Tempat Sortir? Simak Informasi Selengkapnya di Sini

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
7 Agustus 2022 13:35 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apa Itu Tempat Sortir? Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa Itu Tempat Sortir? Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketika kamu berbelanja online di Shopee mungkin tak asing lagi dengan istilah “tempat sortir”. Apa itu tempat sortir? Umumnya keterangan tersebut akan muncul ketika kamu mengecek status barang di fitur "Pesanan Saya".
ADVERTISEMENT
Sebagai salah satu e-commerce yang berkantor pusat di Singapura, Shopee juga telah populer di Indonesia. Lewat niaga elektronik yang akrab disebut “si oren” ini kamu bisa membeli berbagai macam kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan, pakaian, peralatan rumah, elektronik, hingga pulsa dan paket data.
Dikutip dari laman resmi Shopee, setelah membeli barang kamu bisa mengetahui sudah sampai mana paket tersebut. Mungkin kamu pernah menjumpai informasi paket sedang berada di tempat sortir. Lantas apa itu tempat sortir? Untuk mengetahuinya simak informasi di bawah ini.

Apa Itu Tempat Sortir Shopee?

Ilustrasi logo Shopee. Foto: Shopee
Apa itu tempat sortir Shopee? Ketika berbelanja di Shopee, kamu akan menemukan posisi paket berada di tempat sortir. Dikutip dari trestleontenth.com, tempat sortir merupakan gudang atau kantor dari jasa logistik yang digunakan untuk menyortir paket dari penjual.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian maksud dari tulisan “paket sampai di tempat sortir” ialah penjual tempat kamu membeli barang sudah mengirimkan paketmu ke pusat sortir Shopee.
Nantinya paket tersebut dipilih dan digabungkan berdasarkan wilayah tujuan pengiriman. Dengan menyortirnya per wilayah hal itu akan memudahkan proses mengirim barang.
Perlu diketahui, petugas tidak langsung mengirimkan paket tersebut ke wilayah tujuan. Biasanya mereka menunggu jumlah paket tersebut sesuai dengan jumlah kuota pengiriman.

Berapa Lama Paket di Tempat Sortir?

Untuk waktu proses sortir tergantung pada banyaknya jumlah barang yang masuk pada saat itu. Bisa saja hanya memakan waktu satu hari atau bahkan lebih. Semua ini kembali lagi ke banyaknya jumlah paket yang akan dikirim ke wilayah tujuan yang sama.
ADVERTISEMENT
Pengguna setia Shopee juga pasti paham bahwa Shopee sering mengadakan diskon saat harbolnas, tanggal kembar, atau hari raya tertentu.
Pada momen seperti itu pengiriman biasanya menjadi lebih lama. Namun seharusnya dalam waktu 1x24 jam kurir sudah mengantarkan ke tujuan selanjutnya.
Waktu pengiriman juga dipengaruhi oleh jarak lokasi pengiriman asal ke lokasi tujuan. Semakin jauh jarak pengiriman, semakin lama paket sampai. Biasanya prosesnya akan membutuhkan waktu 3 hari sampai 1 minggu. Ini juga bergantung dengan jenis layanan yang dipilih.
Apabila mengalami kendala dalam waktu pengiriman yang melewati batas normal, kamu bisa segera bertanya ke customer service Shopee lewat aplikasinya langsung.

Cara Mengetahui Status Paket Shopee

Saat berbelanja di Shopee kamu bisa mengetahui keberadaan lokasi dari paket tersebut. Bagi pengguna baru Shopee mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui status pengiriman Shopee dan melacak paket yang sedang dikirim.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman resmi Shopee, berikut adalah cara mengetahui keberadaan paket Shopee yang sedang dalam pengiriman.
Demikianlah informasi mengenai apa itu tempat sortir Shopee. Semoga bermanfaat!
(ZHR)