Sensus Penduduk Tahap II, BPS Gandeng Pengurus RT/RW

Konten Media Partner
30 Mei 2020 20:03 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, Totok Tavip Rijanto
zoom-in-whitePerbesar
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, Totok Tavip Rijanto
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
SOLO - Jumat (29/5/2020) menjadi hari terakhir pendaftaran Sensus Penduduk (SP) Online Kota Solo. Dari data yang terhimpun pada Kamis (28/5/2020) sudah ada 174.013 penduduk yang terhimpun atau 49.735 keluarga.
ADVERTISEMENT
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, Totok Tavip Rijanto mengatakan, sensus penduduk berjalan dengan baik dengan persentase 34.21% yang sementara telah mendaftar.
"Kami mengucapkan terima kasih kepada warga Solo yang telah berpartisipasi dalam Sensus Penduduk secara online. Apalagi dalam situasi masih Work From Home, tentunya mereka melakukan sensus lebih gencar, terutama di hari terakhir," ujar Totok, Sabtu (30/5/2020).
Badan Pusat Statistik juga menggandeng beberapa dinas untuk mensosialisasikan Sensus Penduduk yang digelar secara online. BPS menggandeng Dinas Pendidikan Kota Solo maupun Provinsi dan Kementerian Agama.
Dengan digandengnya Dinas terkait, hal itu membuat antusias masyarakat untuk Sensus Penduduk (SP) Online meningkat selama dua hari.
Selanjutnya, untuk Sensus Penduduk tahap II, Totok mengungkapkan akan melibatkan Pengurus RT dan RW untuk pendataan penduduk apabila masih dalam kondisi pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
"Setelah sensus penduduk online sesuai dengan tahapan berikutnya, pengumpulan data langsung pada masyarakat. Petugas akan hadir dari rumah ke rumah. Nanti kita melibatkan Bapak dan Ibu pengurus RT. Untuk teknisnya masih kami bicarakan," tutupnya. (Tara Wahyu)