Pemkot Solo Ajak Senkom Mitra Polri Sebarluaskan Kebijakan Publik

Konten Media Partner
10 September 2022 21:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Teguh Prakosa, membuka diklat anggota Senkom Mitra Polri di Pendapi Gede, Balai Kota Solo, Sabtu (10/09/2022). FOTO: Agung Santoso
zoom-in-whitePerbesar
Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Teguh Prakosa, membuka diklat anggota Senkom Mitra Polri di Pendapi Gede, Balai Kota Solo, Sabtu (10/09/2022). FOTO: Agung Santoso
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
SOLO - Pemkot Solo mengajak organisasi masyarakat (ormas) Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri untuk membantu menyebarluaskan kebijakan publik, demi kepentingan masyarakat.
ADVERTISEMENT
“Kalau ditanya apapun oleh masyarakat, semampunya harus bisa menjawab. Seperti BLT, ya harus mengerti,” kata Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Teguh Prakosa, di hadapan 150 peserta Diklat Peningkatan Kapasitas Anggota Senkom di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Sabtu (10/09/2022).
Teguh menilai, anggota Senkom Mitra Polri perlu terlibat menyebarluaskan berbagai informasi publik dari kelurahan, kecamatan, kepolisian, TNI maupun institusi publik lainnya.
“Ini harapan Pemkot Solo. Jadi segala proses pembangunan hasilnya bisa dirasakan masyarakat.”
Ormas tersebut selama pandemi COVID-19 juga telah membantu proses tracing dan testing. Teguh menganggap, anggota Senkom Mitra Polri telah berperan aktif mendukung penanganan COVID-19.
“Apalagi dibanding Bhabinkamtibmas yang hanya 1 personel untuk 1 kelurahan. Anggota Senkom ini bisa 10-20 anggota per kelurahan,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Ketua Senkom Mitra Polri Kota Solo, Kevin Fabiano, menerangkan jika diklat tersebut juga bertujuan menguatkan jiwa sosial anggota.
“Mereka dicetak untuk menjadi anggota Senkom Mitra Polri yang memiliki jiwa patriotisme dan semangat melayani masyarakat,” terangnya.
Anggota Senkom Mitra Polri mengikuti diklat di Pendapi Gede, Balai Kota Solo, Sabtu (10/09/2022). FOTO: Agung Santoso
Diklat tersebut juga melibatkan sejumlah pihak, mulai Polresta Solo untuk materi kamtibmas, Kodim 0735/Solo untuk materi bela negara hingga BPBD Solo terkait materi mitigasi bencana.
Soal harapan agar anggota Senkom Mitra Polri bisa menyebarluaskan kebijakan dan informasi publik, Kevin mengaku siap menindaklanjuti.
“Minimal mereka menyebarkan manfaat di tempat tinggal masing-masing. Baik itu menginformasikan kabar dari pemerintah perihal kebijakan, maupun tindakan untuk meringankan beban masyarakat,” jelas dia.
(Agung Santoso)