Kereta Api Bandara Segera Beroperasi, Berikut Informasinya

Konten Media Partner
3 November 2019 20:53 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat kunjungi Bandara Internasional Adi Soemarmo. (Agung Santoso)
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat kunjungi Bandara Internasional Adi Soemarmo. (Agung Santoso)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
BOYOLALI - Operasional Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo direncanakan akan dimulai sebelum tahun baru 2020. Saat ini progres pembangunan jalur kereta bandara dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Bandara Adi Soemarmo telah mencapai 94%. Hal ini diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, saat kunjungi Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah. Jumat (03/11).
ADVERTISEMENT
"Saya tadi sudah melakukan pengecekan konstruksi-konstruksi yang ada dan relatif sudah tidak ada masalah lagi, kita akan selesaikan di pertengahan Desember 2019 dan dioperasikan pada saat sebelum tahun baru," katanya.
Dengan beroperasinya kereta api bandara, maka masyarakat dari Klaten, Madiun, Sragen maupun dari arah utara yang ingin ke Bandara Adi Soemarmo dapat menggunakan antar moda terintegrasi tersebut. Bagi yang menggunakan bus dari Wonogiri dan sebagainya, bisa berhenti di Terminal Tirtonadi dan bisa langsung naik kereta api bandara.
"Kereta bandara ini, nantinya jarak tempuh dari Kota Solo (Stasiun Solo Balapan) ke Bandara Adi Soemarmo hanya sekitar 15 menit," jelasnya.
Perlu diketahui, total jalur kereta bandara antara Stasiun Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo sepanjang 13,5 km. Jalur kereta api tersebut dibagi menjadi 2 segment, yaitu segment 1 sepanjang 3,5 km. Merupakan jalur kereta api eksisting, kemudian segment 2 sepanjang 10 km adalah jalur kereta api baru. Sedangkan tarif sementara saat ini Rp.10.000-Rp.15.000.
ADVERTISEMENT
(Agung Santoso)